Beranda / Berita

BENCHMARKING DAN VISITASI RPP KPU KOTA MATARAM KE KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 31 October 2019


Malang - 31 Oktober 2019 KPU Kota Malang menerima studi pembelajaran dari KPU Kota Mataram pada pukul 10.00 WIB. Kunjungan ini bertujuan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mataram Tahun 2020. KPU Kota Mataram perlu mengumpulkan referensi terkait pengelolaan anggaran dan logistik, serta program kerja atau kegiatan lain dalam rangka penguatan kesekretariatan untuk membantu tugas pokok KPU Kota Mataram.

Kedatangan KPU Kota Mataram disambut hangat dan ramah oleh Ketua, Anggota, dan Sekertaris KPU Kota Malang. Acara pertama dilakukan perkenalan antara kedua instansi KPU, kemudian dilanjutkan dengan sambutan serta ramah tamah. Rombongan KPU Kota Mataram terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik.

Ketua KPU Kota Mataram M. Husni Abidin memperkenalkan satu persatu personil yang turut serta dalam rombongan. Memasuki acara inti, KPU Kota Mataram mempertanyakan beberapa hal terkait pelaksanaan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota yang telah dilaksanakan KPU Kota Malang. Diantara regulasi atau pedoman yang dipakai dalam pelaksanaan pemilihan umum Tahun 2018, pengelolaan anggaran pemilihan umum Tahun 2018, mekanisme pengadaan dan distribusi logistik pemilihan umum.

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas menjelaskan bahwa, “KPU Kota Malang telah melaksanakan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Malang di Tahun 2018, dengan anggaran sekitar 30 Milyar Rupiah. Jumlah DPT pada saat Pemilihan Umum Tahun 2018 adalah enam ratus ribu lebih pemilih, dengan TPS berjumlah 1400.”

“Beberapa tantangan yang dihadapi saat pemilu Tahun 2018 di Kota Malang adalah daftar pemilih yang berasal dari masyarakat pendatang, padatnya penduduk di Kota Malang juga dipengaruhi oleh kedatangan masyarakat dari luar Kota Malang,” tambah Deny Rachmat Bachtiar Anggota KPU Kota Malang Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu. Beliau mengucapkan terimakasih atas kedatangan KPU Kota Mataram di Kantor KPU Kota Malang.

M. Husni Abidin menjelaskan pelaksanaan Pemilu Tahun 2020 direncanakan memakai biaya sekitar 30 Milyar Rupiah, namun yang di accepted oleh Pemerintah Kota Mataram sebesar 25 Milyar Rupiah, untuk memenuhi kebutuhan 700 TPS, 6 PPK, dan 292.000 DPT. “Dengan anggaran sebesar itu (25 Milyar Rupiah) KPU Kota Mataram memiliki keleluasaan untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan Pemilu Tahun 2020”, tambah pria berkacamata tersebut.

Ketua KPU Kota Mataram juga menjelaskan pengalamannya terkait Pemilu 2019 dan Pemilukada Tahun 2015. Pada Tahun 2019 tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya mencapai 81 %. Sedangkan pada Pemilukada 2015 sekitar 50,5 %. Untuk itu, melalui kegiatan kunjungan pembelajaran ini, diharapkan KPU Kota Mataram mendapatkan referensi pengalaman, pembelajaran, serta ilmu dari KPU Kota Malang yang telah melaksanakan Pemilukada.

Kunjungan pembelajaran KPU Kota Mataram ini tidak hanya dilakukan di Kota Malang saja, keesokan harinya rombongan akan bertolak ke KPU Kota Batu. Dilain tempat, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Divisi Datin sedang bertolak KPU Kota Bogor dan KPU Kabupaten Bogor untuk melakukan studi pembelajaran.

Secara intensif diskusi dilanjutkan sesuai dengan divisi dan subbag terkait. Tidak hanya referensi untuk pemilihan umum tahun 2020, namun juga dilakukan eksplorasi dan visitasi gedung, bangunan, serta Rumah Pintar KPU Kota Malang. Hal tersebut dilaksanakan, karena pada 2 tahun terakhir ini KPU Kota Mataram terus berbenah melakukan penataan terhadap gedung dan bangunan.

Sekretaris KPU Kota Mataram Uun Pujianto menjelaskan, “KPU Kota Mataram telah menerima hibah tanah dari Pemerintah Kota Mataram pada tahun 2006. Kemudian 2 tahun terakhir belakangan ini gedung KPU Kota Mataram dibangun. Untuk itulah diperlukan banyak saran, masukan, serta referensi untuk dilakukan pembenahan. Termasuk dalam hal pengelolaan RPP.”

Acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cenderamata dari KPU Kota Mataram kepada KPU Kota Malang.


(ADMIN)