Beranda / Berita

BILL PAYMENT UNTUK MEMPERMUDAH PEMBAYARAN TAGIHAN KKP

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 24 February 2020


Kartu Kredit Pemerintah (KKP) merupakan satu alat pembayaran yang digunakan satuan kerja (satker) di Kementerian / Lembaga, termasuk KPU Kota Malang. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 196/PMK.05/2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah.

Dalam implementasinya, sebanyak 40% uang persediaan yang digunakan membiayai kegiatan operasional atau perjalanan dinas menggunakan KKP dan 60% akan menggunakan tunai. BNI sebagai penyedia kartu kredit pemerintah, menyiapkan basis produk kartu komersial yakni corporate card sebagaimana telah digunakan KPU Kota Malang untuk membiayai operasional kegiatan perkantoran.

Dalam rangka pembayaran tagihan KKP KPU Kota Malang, PT BNI Persero mensosialisasikan fitur bill payment oleh Petugas BNI Kantor Wilayah Malang Rois pada Acara Sosialisasi KKP dan Virtual Account Tanggal 20 Februari 2020 Pukul 10.00 WIB di Gedung BNI Heritage Jalan Basuki Rahmat 75 – 77 Malang. “Bill Payment merupakan salah satu fitur unggulan bagi pemegang Kartu Kredit BNI untuk mempermudah pembayaran tagihan rutin bulanan seperti, tagihan telkom, ponsel selular, tv atau internet berlanggan dan BPJS Kesehatan. Mekanisme Pendebetan dilakukan secara autodebet setiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo tagihan.” Jelas Rois.

“Alur pendaftaran fasilitas bill payment, pertama staff BNI menawarkan produk fitur Kartu Kredit BNI Bill Payment ke nasabah kelolaannya. Kedua, nasabah mengisi formulir pendaftaran, dan melengkapi informasi nomor pelanggan, nama pelanggan, nomor kartu kredit, exp date, dan tanggal jatuh tempo tagihan. Ketiga, setiap pendaftaran bill payment yang diterima BNI sebelum atau pada tanggal 25 bulan M, maka BNI akan memproses dan membukukan seluruh tagihan yang diterima dari Penyedia Layanan Berlangganan (Provider/Biller) di bulan M+1. Jika pendaftaran diterima BNI setelah tanggal 25 hingga akhir bulan M, maka proses dan pembukuan tagihan di Kartu Kredit akan dilakukan di bulan M+2. Jadi Pemegang Kartu harus melakukan sendiri pembayaran tagihan pada bulan M+1 ke Provider/Biller.”terang Rois.

“Tarif Bill Payment Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) per Nomor Pelanggan. Bill Payment akan dijalankan pada tanggal 14 dan 24 setiap bulannya, dan proses enroll Bill Payment disesuaikan dengan sebelum tanggal jatuh tempo tagihan.” Pungkas Rois.

Keuntungan yang didapatkan menggunakan fitur bill payment adalah simpel, tidak perlu capek antri untuk transfer uang atau pergi ke loket pembayaran, mudah dalam melakukan autodebet, ringkas dan ringan karena semua tagihan terangkum dalam satu lembar tagihan Kartu Kredit, dan tepat waktu pembayaran otomatis di debet sesuai tanggal jatuh tempo.


(ADMIN)