Beranda / Berita

BIMTEK APLIKASI SAKTI KPU KABUPATEN/KOTA SE- PROVINSI JAWA TIMUR

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 5 March 2020


Kediri - Pada Hari Rabu Tanggal 4 Maret Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menghadiri Acara Bimbingan Teknis Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Universitas Nusantara PGRI - Kediri Hall Campus II Lantai 3 UNP PGRI Kediri Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 76 Mojoroto Kota Kediri pukul 10.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris, Kasubbag Program dan Data, serta Operator SAKTI Bagian penganggaran KPU Kabupaten/Kota Se- Jawa Timur. Perwakilan KPU Kota Malang terdiri dari, Sekretaris Muhammad Sailendra, Kasubbag Program dan Data Iffatunnisaa’, serta Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik Kamilia Cahyani.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam. Materi yang disampaikan adalah Tata Cara Revisi Anggaran Tahun 2020 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.02/2019 Tahun 2019 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2020.

Narasumber dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Pandji Harsanto memaparkan, “Revisi bertujuan untuk mengubah alokasi anggaran, lokasi, sasaran, rincian anggaran, atau lain sebagainya. Beberapa alasan diperlukannya revisi diantaranya adalah, pagu anggaran yang ada kurang atau berlebih, penyesuaian rencana kegiatan dan dana yang tersedia, RKA-KL yang diterima tidak sesuai dengan kebutuhan, instruksi pejabat yang berwenang atau adanya perubahan kebijakan, adanya target atau sasaran baru, komitmen yang harus dibayar namun belum di alokasikan pada DIPA (inkracht, tunggakan), perubahan pejabat perbendaharaan, perubahan lokasi kegiatan, pagu minus atau potensi pagu minus.”

“Batasan revisi anggaran terdiri dari, tidak berakibat pada pengurangan alokasi anggaran terhadap belanja pegawai kecuali untuk satker lain, pembayaran tunggakan, RM (P) untuk kegiatan yang masih berlanjut, kegiatan yang telah dikontrakkan atau direalisasikan. Serta tidak mengubah, sasaran kegiatan, jenis dan satuan output, juga output yang telah direalisasikan.”

Revisi anggaran pada Tahun 2020 menggunakan Aplikasi SAKTI. Aplikasi yang dikeluarkan Kementerian Keuangan ini merupakan aplikasi berbasis website sebagai sarana bagi satuan kerja (satker) dalam mendukung implementasi Sistem Perbendahaaraan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk melakukan pengelolaan keuangan, mulai dari tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Terdapat kelebihan - kelebihan yang dapat dimanfaat dari Aplikasi SAKTI ini. Beberapa modul pada aplikasi SAKTI terintegrasi pada satu database. Selain itu aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan adanya proses enkripsi atau dekripsi arsip data komputer (ADK). Kelebihan lainnya, aplikasi ini dapat di-install pada beberapa operating system misalnya Windows atau Linux, dapat dijalankan pada PC atau Laptop yang memiliki spesifikasi standar atau minimum. Kinerja aplikasi juga lebih konsisten.

Pada sesi ke dua dilanjutkan dengan pemaparan mekanisme penggunaan Aplikasi SAKTI oleh Kodik Wibowo.Pada sesi ini pemaparan disertai dengan pelatihan praktek penggunaan Aplikasi SAKTI. Kodik Wibowo menjelaskan berbagai fitur-fitur yg ada pada aplikasi tersebut. Praktek langsung pada revisi POK.

“Aplikasi SAKTI ini meruoakan aplikasi baru. Jika sebelumnya untuk revisi menggunakan Aplikasi RKAKL, dimana data tersebut ada pada Aplikasi RKAKL. Sedangkan pada Aplikasi SAKTI data langsung terintegrasi.” jelas Kodik Wibowo.

Pemateri juga mengingatkan agar selalu cermat dalam melakukan revisi dengan menggunakan Aplikasi Sakti tersebut.


(ADMIN)