Beranda / Berita

Dosen UIN Apresiasi Kinerja KPU Kota Malang dalam Pemilu 2019

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 28 July 2019


Malang-Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Malang kedatangan tamu akademisi yaitu dosen pembimbing mahasiswa yang mengadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kantor KPU kota Malang selama kurang lebih satu bulan, dimulai 15 Juni-15 Juli 2019, yaitu Dra Jundiani SH., M.Hum.

Selain pembimbing lapangan mahasiswa PKL UIN, Beliau juga merupakan dosen mata kuliah Hukum Tata Negara di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Jundiani melihat kinerja KPU pada Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak diseluruh daerah adalah pekerjaan cukup luar biasa. “Karena dilihat dari proses dan tahapan yang dilalui, partai politik peserta Pemilu yang cukup banyak, kemudian pemilihan umum yang dilakukan secara berbarengan baik pemilihan presiden dan wakilnya serta pemilihan legislatif, saya yakin sangat kompleks juga permasalahan yang dihadapi oleh KPU,” ujarnya kepada komisioner KPU, Rabu (27/7/2019), di kantor KPU, Bantaran, kota Malang.

Ia menambahkan, apalagi diera digital dan serba transparan seperti sekarang ini, masyarakat sudah melek informasi dan melek politik. “Jadi apapun yang dilakukan dan disampaikan ditengah masyarakat, baik di media massa atau di media sosial seringkali harus disikapi serta ditanggapi dengan tenang dan jeli supaya tidak terjadi salah paham,” tambahnya sambil berpesan kepada komisioner KPU.

Selanjutnya, ia menyampaikan dengan adanya program PKL mahasiswanya di kantor KPU kota Malang diharapkan bisa mengetahui informasi atau bahkan bisa membantu kinerja KPU selama Pemilu 2019 serentak berlangsung meski sudah dipenghujung tahapan. “Kami dari UIN sangat berterima kasih sudah diberi kesempatan untuk mengadakan PKL disini, semoga selama mahasiswa kami PKL tidak mengganggu kinerja KPU karena di sela-sela kesibukan tahapan akhir Pemilu,” imbuhnya.

Komisioner yang menemui dosen pembimbing PKL mahasiswa UIN ini adalah Deny Rachmat Bachtiar (Div.Teknis Penyelenggaraan), Muhammad Toyib (Div.Parmas dan SDM), Izzudin Fuad Fathony (Div.Hukum), dan Nur Zaini Wikan Utomo (Div.Data dan Informasi) yang berada di kantor.

Muhammad Toyib, selaku divisi Parmas dan SDM, berharap terjalin hubungan komunikasi yang sinergis antara UIN Malang sebagai civitas akademik dengan KPU kota Malang selaku penyelenggara Pemilu. “Kebetulan ibu Ketua KPU sedang keluar kantor, kami komisioner KPU kota Malang sangat berterimakasih sudah dijadikan salah satu rujukan PKL adik-adik mahasiswa UIN dan sudah dikunjungi oleh dosen pembimbingnya, semoga bermanfaat serta terjalin hubungan baik di kesempatan selanjutnya,” pungkasnya.


(ADMIN)