Beranda / Berita

Duka Titin Saat Verifikasi Data Pemilih

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 7 November 2018


Menjelang tahun Pemilu, memang sudah menjadi tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) seperti Titin untuk mempersiapkan segala sesuatu mengenai Pemilu. Salah satu tugas yang harus diselesaikan Titin adalah melakukan verifikasi data pemilih. Sesuai wilayah tugasnya, Titin bertugas memverifikasi data pemilih di wilayah kelurahan Polehan, sekitar rumahnya sendiri.

Senin 5 Oktober 2018, Titin telah menerima daftar nama dalam DP4 yang harus ia datangi esok hari. Saat membaca nama Hepi Sulistiyowati, perasaannya tidak enak, dia teringat sahabatnya yang meninggal setelah melahirkan. Rasa sedih yang mendalam menghampirinya. Namun saat membaca tahun kelahiran Hepi, Titin berusaha berpikir positif, tahun kelahiran Hepi di DP4 5 tahun lebih muda dari tahun kelahiran Hepi sahabatnya.

Keesokan harinya, pagi-pagi Titin bergegas menuju alamat rumah yang akan ia verifikasi, berharap tugasnya segera selesai sesuai waktu yang ditargetkan KPU. Titin menuju alamat pertama yaitu alamat Hepi Sulistiyowati. Hancur hati Titin saat mengetahui ternyata alamat rumah yang sama. Hepi di DP4 adalah Hepi sahabatnya yang telah meninggal. Masih jelas teringat di benak Titin saat memeluk ibu dan anak Hepi saat Hepi meninggal. Titin terpaku dalam kesedihan, tidak mungkin ia akan masuk rumah tersebut, sama saja membangkitkan lagi kesedihan saat kehilangan sahabatnya.

Titin memutuskan meninggalkan rumah tersebut. Melanjutkan tugas menuju alamat selanjutnya. Ternyata alamat selanjutnya adalah adik kelas Titin sewaktu masih sekolah. Di rumah tersebut, Titin tak kuasa menahan haru. Ingatannya pada sosok Hepi membangkitkan duka yang mendalam. Akhirnya tangis tak bisa dielakkan lagi.

Perasaan Titin yang campur aduk, mendadak dibarengi kepala pusing dan mual. Titin berharap istirahat sejenak dapat memulihkan sakitnya dan juga dukanya, kemudian bangkit untuk melanjutkan tugasnya kembali.


(nuzula)