Beranda / Berita

GILIRAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT KOTA MALANG MELAKUKAN KONSULTASI KE HELP DESK SIPOL KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 2 August 2022


kpu.malangkota.go.id. Pada hari Selasa, (2/8/2022) Jam 13.02 WIB – 13.35. WIB di KPU Kota Malang, Partai Nasional Demokrat Kota Malang berkonsultasi ke KPU Kota Malang. Kunjungan ke Helpdesk SIPOL berkaitan dengan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta pemilu Tahun 2024.
Dalam kunjungan ini Tri Agus Budi Prasetya selaku Sekretaris Partai NasDem Kota Malang, menanyakan beberapa hal terkait verifasi faktual. Tri Agus menanyakan sampel penghitungan varifikasi faktual.
Menanggapi pertanyaan dari ini Tri Agus, Hendrian Menjelaskan simulasi penghitungan pengambilan sampel keanggotaan partai politik dengan menggunakan penghitungan metode Krejie Morgan dan penarikan sampel menggunakan metode systematic sampling. Lalu Hendrian menjelaskan terkait Pasal 89 PKPU 4 Tahun 2022 tentang pelaksanaan Verifikasi Faktual Keanggotaan. “Verifikator faktual melakukan Verifikasi Faktual keanggotaan untuk membuktikan kebenaran identitas dan status keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu,dilakukan dengan cara mencocokkan kebenaran dan kesesuaian data yang diinput ke dalam Sipol dengan identitas anggota pada KTA dengan KTP-el atau KK. Dalam verfak apabila keanggota parpol hanya menunjukkan KTP dan belum bisa menunjukkan KTA, nanti kita statuskan menjadi BMS (belum memenuhi syarat)” ujarnya.
Kunjungan ini di tutup dengan ucapan terima kasih dari Tri Agus kepada KPU Kota Malang. Kunjungan ini tentunya sangan penting dalam penyaluran informasi terkait verifikasi adminsitrasi dan faktual partai politik peserta pemilu tahun 2024.


(ADMIN)