Beranda / Berita

Guna Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan, KPU Kota Malang Gelar Sosialisasi di PDA Kota Malang

Ditulis Oleh: Admin Tanggal: 1 March 2019


MALANG- Wujudkan komitmen dalam peningkatan partisipasi pemilih Pemilu 2019, KPU Kota Malang terus melakukan sosialisasi. Kali ini sosialisasi dilakukan di Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Malang pada Jumat (1/03/2019). Sosialisasi dilakukan bersama anggota ‘Aisyayah se Kota Malang. Hadir sebagai narasumber sosialisasi Pemilu 2019 Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Malang, Aminah Asminingtiyas.

Aminah menjelaskan, dalam Pemilu 2019 harus ekstra keras dalam melakukan sosialisasi kepada kalangan pemilih. Sebab, banyak hal baru yang juga harus disampaikan kepada kalangan pemilih terkait tahapan Pemilu 2019. Salah satunya terkait surat suara yang akan digunakan untuk menyalurkan hak pilih, beda dengan Pemilu sebelumnya. Itupun harus bisa dimengerti oleh kalangan pemilih.

Dalam kesempatan tersebut, Aminah mengungkapkan sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu bagi Perempuan ini bisa lebih efektif sebagai sarana sosialisasi Pemilu 2019,. “Kelompok perempuan yang majemuk, lebih komunikatif dan mudah men-sharing informasi yang mereka terima kepada warga atau masyarakat di lingkungan sekitar mereka.” ungkapnya.

Dia menyebut, ada sebanyak lima surat suara nantinya yang akan diberikan kepada pemilih. Rinciannya surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Di akhir acara Aminah berharap, pasca sosialosasi bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Peserta sosialisasi juga bisa mengajak keluarga, tetangga dan sanak saudaranya untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2019. Caranya, dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.
“Jangan sampai golput, gunakan hak pilih untuk ikut serta menyukseskan Pemilu 2019,” pungkasnya.


(Admin)