Beranda / Berita

HARI BAHASA IBU INTERNASIONAL

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 21 February 2021


21 Februari diperingati sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional yang diinisiasi dari Banglades. Inisiatif ini kemudian disahkan oleh UNESCO pada 1999 dan sejak itu mulai diperingati di seluruh dunia. Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan momen untuk mempromosikan keragaman bahasa dan keragaman budaya. Ada fakta menarik dibalik istilah bahasa ibu, dimana ahli bahasa mengatakan bahwa anak-anak belajar bahasa pertama kalinya ketika mereka berada di bawah asuhan ibu, nenek atau para wanita dewasa di lingkungan mereka.
Ada beberapa alasan mengapa bahasa ibu dianggap penting. Pertama karena bahasa ibu membantu pertumbuhan intelektual anak. Perkembangan intelektual dan kognitif seorang anak diyakini dapat berlangsung lebih cepat ketika mereka fasih dalam bahasa ibu. Selain itu banyak penelitian dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang dididik dalam bahasa ibu mencapai keberhasilan akademis yang lebih tinggi ketimbang siswa yang diajar dalam bahasa yang berbeda. Alasan kedua adalah untuk menjaga keberlangsungan budaya. Bahasa asal seperti yang kita ketahui membawa esensi tersendiri dari suatu budaya. Pengetahuan terhadap suatu budaya bisa didapatkan dengan mengetahui bahasa aslinya. Dengan menggunakan bahasa ibu, kita tetap terhubung dengan akar budaya kita.
Alasan ketiga adalah kefasihan dalam bahasa ibu berimbas pada tingkat keberhasilan yang lebih tinggi ketika seseorang tersebut mempelajari bahasa kedua (second languages). Anak-anak yang fasih dalam bahasa ibu memiliki keterampilan literasi bahasa yang lebih baik, karenanya mereka akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa lainnya. Alasan keempat adalah adanya kesempatan kerja yang lebih baik. Bisnis yang saat ini mendunia ternyata membuka peluang kerja untuk tenaga kerja lokal. Dikutip dari etranslationservices.com, keterampilan dalam bahasa ibu meningkatkan peluang keberhasilan seseorang baik sebagai karyawan maupun pengusaha. Alasan terakhir adalah meningkatkan kepercayaan diri. Saat ini, berbicara dalam bahasa ibu adalah suatu kebanggaan. Memiliki kemampuan dalam bahasa ibu menumbuhkan kesadaran akan budaya dan warisan yang dimiliki seseorang yang juga akan meningkatkan kepercayaan diri mereka.


(ADMIN)