Beranda / Berita

HARI BATIK

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 2 October 2019


Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian diproses dengan cara tertentu sehingga memiliki kekhasan tersendiri. Batik telah berkembang diseluruh wilayah NKRI, dengan berbagai macam motif dan corak yang merupakan ciri suatu masyarakat atau wilayah di NKRI.
Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural (UNESCO) badan khusus PBB yang didirikan pada Tahun 1945 telah menetapkan Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi pada Tanggal 2 Oktober 2009.
Hal tersebut merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap mata budaya Indonesia. Pengakuan dunia tersebut meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional, serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia. Kemudian pada Tanggal 17 November 2009 Presiden Republik Indonesia Ke- 6 Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Hari Batik Nasional. Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.
Pada hari ini, 2 Oktober 2019 KPU Kota Malang pun memperingati Hari Batik Nasional dengan tidak absen mengenakan Batik ketika beraktifitas di kantor, sesuai dengan instruksi dalam Surat edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019 dan Surat Dinas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Malang Nomor : 800/3537/35.73.403/2019 Pemakaian Baju Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional


(ADMIN)