Beranda / Berita

HARI KEADILAN SOSIAL SEDUNIA

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 23 February 2021


Dilansir dari laman un.org, tema untuk Hari Keadilan Sosial Sedunia pada Tahun 2021 adalah A Call for Social Justice in the Digital Economy (Seruan Untuk Keadilan Sosial dalam Ekonomi Digital). Era ekonomi digital selama dekade terakhir telah mengubah dunia kerja, konektivitas yang merambah hampir ke seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia membuat perkembangan platform digital semakin pesat. Pandemi COVID-19 yang terjadi pada awal 2020 yang mengakibatkan pengaturan kerja dari rumah membuat kita menyadari adanya kesenjangan digital di negara-negara dalam kategori maju dan berkembang. Di Indonesia sendiri, kesenjangan bahkan dapat terjadi dalam area-area pada satu kota. Kesenjangan tersebut dalam hal ketersediaan dan keterjangkauan akses internet.
Ekonomi digital memberikan peluang bagi perempuan, penyandang disabilitas, kaum muda, dan imigran untuk berpartisipasi dan menghapus halangan jarak serta waktu. Namun demikian terdapat juga beberapa tantangan yang menyertai seperti hak pekerja untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja, adanya persaingan tidak sehat dari platform digital, ketersediaan infrastruktur digital yang kurang memadai dan kurang rata, serta tidak jelasnya kewajiban pajak. Untuk itulah perlu adanya regulasi-regulasi baru yang merespon berbagai permasalahan yang muncul pada era ekonomi digital ini. Kebutuhan akan dialog dan koordinasi antar para pemangku kebijakan di level nasional, regional serta internasional penting untuk dilakukan untuk memastikan peraturan dan penerapan standar ketenagakerjaan mengingat adanya keragaman tanggapan baik dari negara-negara maupun perusahaan platform.
Secara keseluruhan tema kampanye Hari Keadilan Sosial Sedunia pada tahun ini menyerukan upaya komunitas internasional untuk memberikan solusi mengenai pengentasan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan, penyediaan lapangan kerja dan regulasi pekerjaan yang layak, perlindungan sosial, kesetaraan gender, dan akses untuk kesejahteraan dan keadilan yang sama untuk setiap individu, serta mengatasi kesenjangan digital yang masih terjadi.


(ADMIN)