Beranda / Berita

HARI TOLERANSI INTERNASIONAL 16 NOVEMBER 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 16 November 2020


Toleransi adalah sebuah konsep penting yang membantu seseorang untuk hidup Bersama dengan damai dengan orang lain. Saat dimana kita mau mengerti, menerima, dan tidak langsung menjatuhkan penilaian terhadap hal-hal yang tidak sejalan dengan kemauan kita semata-mata karena kita menghargai pihak lain dan ingin menjaga perdamaian atau hubungan baik yang ada adalah saat dimana kita bertoleransi.

Toleransi tidak hanya semata-mata demi menjaga kondisi yang baik dan damai, namun dengan toleransi kita bisa lebih membuka pikiran dan mencoba memahami pemikiran atau ide-ide orang lain yang pada akhirnya membuat wawasan kita semakin luas dan berkembang. Kita mengerti lebih baik apa yang terjadi dengan dunia di sekitar kita ketika kita mempunyai stock of knowledge yang cukup tentang pemikiran dan ide-ide yang berbeda.Mengajari generasi muda terutama anak-anak tentang toleransi adalah hal yang mendesak untuk dilakukan terlebih pada era industry 4.0 ini.

Generasi muda dan anak-anak seharusnya tidak tumbuh dengan perasaan benci dan curiga terhadap hal-hal yang tidak sepenuhnya mereka pahami. Terpaan informasi yang sangat cepat, didukung dengan akses terhadap teknologi yang memungkinkan informasi tersebut diterima oleh seluruh lapisan masyarakat pada satu sisi memberikan ancaman yang serius terhadap konsep keaslian dan kebenaran. Informasi yang salah dan menyesatkan, ditambah dengan tingkat literasi yang rendah, diperburuk dengan absennya toleransi membuat banyak peristiwa buruk dan mencoreng kemanusiaan terjadi di dunia maupun di Indonesia.

Kasus-kasus penistaan agama, larangan beribadah, black campaign pada masa pemilihan umum adalah beberapa contoh peristiwa atau Tindakan yang dilakukan karena kurangnya toleransi. Sebagian pihak yang tidak suka dengan agama atau ajaran agama lain dan memutuskan untuk melarang pendirian tempat-tempat beribadah dan mengganggu proses ibadah merupakan wujud dari kurangnya toleransi.

Demikian pula dengan black campaign yang pada dasarnya dilakukan untuk menjatuhkan lawan politik, menjatuhkan dan menjelekkan reputasi pihak atau orang yang tidak disuka karena ide-ide dan pemikiran mereka yang tidak sejalan.Toleransi karenanya menjadi konsep yang mendesak untuk dipahami, menjadi nilai yang sangat vital untuk segera diterapkan. Seperti pernyataan Direktur Umum UNESCO Audrey Azoulay yang dilansir dari laman en.unesco.org bahwa pada saat dimana ekstrimisme dan fanatisisme berlangsung, pada saat dimana bisa (racun) kebencian meracuni sebuah bagian dari kemanusiaan, toleransi merupakan kebajikan yang sangat vital. HAPPY INTERNATIONAL TOLERANCE DAY FOLKS!!!!!


(ADMIN)