Beranda / Berita

KAJIAN KEPEMILUAN KPU KOTA MALANG “MEKANISME PAW ANGGOTA DPR DAN DPRD”

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 13 February 2020


Malang – Untuk mengasah skill dan pengetahuan tentang Pemilu, KPU Kota Malang kembali menggelar kajian kepemiluan di Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang. Dalam kesempatan kajian kali ini dibahas tentang mekanisme Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR dan DPRD.

Pemateri mekanisme PAW Anggota DPR dan DPRD adalah Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar. “Dasar hukum PAW telah diatur dalam Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Prwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019.” terangnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa, “PAW Anggota DPR dan DPRD merupakan proses penggantian anggota dewan yang diberhentikan antarwaktu oleh calon PAW dengan perolehan suara terbanyak berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari parpol yang sama dan dapil yang sama.Sedangkan untuk PAW Anggota DPD merupakan proses penggantian anggota dewan yang diberhentikan antarwaktu oleh calon PAW dengan perolehan suara terbanyak berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari provinsi yang sama.”

Dalam materinya, Deny Rachmat Bachtiar juga menerangkan batas waktu pengajuan PAW, alasan dilakukan PAW, dan mekanisme PAW. Dari hasil pemaparan materi yang diberikan, terdapat beberapa pertanyaan yang menarik untuk didiskusikan. Hal tersebut tentunya dapat menambah ilmu, pengalaman, dan pengetahuan bagi para peserta yang terdiri dari Komisioner dan Jajaran Sekretariat KPU Kota Malang. Tidak hanya pada divisi atau subbag yang menangani PAW saja, namun dapat dijadikan pembelajaran bagi seluruh divisi dan subbag lain di KPU Kota Malang

Kajian Pemilu tentang Mekanisme PAW yang dimulai pada Pukul 13.00 WIB tersebut, berakhir pada Pukul 15.30 WIB dengan kesimpulan agar pelaksanaan PAW berjalan lancar hendaknya memperhatikan hal - hal sebagai berikut ; ketaatan terhadap prosedur, kelengkapan administrasi berkas PAW, dan ketepatan waktu.


(ADMIN)