Beranda / Berita

KAJIAN KEPEMILUAN KPU KOTA MALANG MENGANGKAT TEMA TUGAS DAN FUNGSI HUMAS SERTA PROTOKOL PEMERINTAH

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 4 March 2020


Malang - Hari Rabu Tanggal 4 Maret Tahun 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang mengadakan kajian diskusi dengan tema Tugas dan Fungsi Humas Serta Protokol Pemerintah dengan narasumber atau pemateri Komisioner KPU Kota Malang Divisi Teknis Penyelenggaraan Deny Rachmat Bachtiar.

Acara tersebut dibuka pada pukul 10.30 WIB oleh Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas. “Alhamdulillah acara ini sudah diselenggarakan untuk yang kelima kalinya. Diharapkan kita dapat istiqomah untuk melaksanakan kajian rutin seperti ini. Kajian diskusi ini juga merupakan salah satu bentuk pembinaan SDM di KPU Kota Malang. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pegawai di KPU Kota Malang memiliki pemahaman dan skill yang baik tentang kehupmasan dan keprotokolan,” terang Aminah.

Materi yang disampaikan oleh Deny Rachmat Bachtiar terdiri dari tugas fungsi humas dan protokol pemerintah, serta hubungan dengan media. Dasar hukum pelaksanaan kehumasan dan keprotoklan di lingkungan pemerintah adalah Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/12/M.PAN/08/Tahun 2007 tentang Pedoman Umum Humas di Lingkungan Instansi. Dalam Permenpan tersebut diatur tentang definisi hubungan masyarakat di lingkungan intansi pemerintah yaitu aktivitas Lembaga dan atau individu, yang melakukan fungsi manajemen dalam bidang komunikasi dan informasi kepada publik pemangku kepentingan dan sebaliknya.

Dalam pemaparannya, Deny Rachmat Bachtiar menyampaikan, “Bagian humas dalam suatu organisasi pemerintah harus memahami betul apa yang terjadi dan setiap detail kegiatan yang dilakukan. Selain itu ada baiknya sebelum melaksanakan kegiatan sebaiknya ada rilis kegiatan yang dapat disampaikan misalnya kepada wartawan atau mass media. Rilis tersebut terdiri dari rumus 5 W dan 1 H. Hal tersebut bermanfaat agar konsep acara kita tersampaikan dengan baik kepada kawan - kawan mass media yang sedang meliput kegiatan.”

Deny Rachmat Bachtiar juga menyampaikan materi Bimbingan Teknis Kehupmasan KPU Provinsi Jawa Timur serta KPU Kabupaten / Kota Se- Jawa Timur di Mojokerto tanggal 10 - 12 Desember 2019. Materi yang dipaparkan adalah hubungan dengan media. Beliau memaparkan, manfaat berkoordinasi dan membina hubungan dengan media, terutama dalam hal peliputan kegiatan. Banyak kegiatan KPU Kota Malang, terutama pada masa tahapan Pemilu dan Pemilihan diliput oleh media televisi, online, atau cetak. Untuk itu diperlukan koordinasi yang baik dengan cara; menyediakan materi-materi yang akurat dan dapat dipercaya, menyediakan dokumentasi atau foto yang baik, menarik, dan jelas, penyiapan jawaban dan/atau bahan yang dibutuhkan pada saat wawancara, serta memberikan kesempatan kepada para jurnalis atau wartawan untuk melakukan verifikasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang - undangan. Contohnya, jurnalis diizinkan untuk langsung melihat fasilitas atau kondisi-kondisi suatu objek, yang akan diberitakan.

“Seorang humas yang baik, adalah yang dapat memberikan informasi dan pemahaman atau penjelasan yang baik, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti atas informasi atau berita - berita yang diajukan oleh khalayak umum.” Pungkas Deny.


(ADMIN)