Beranda / Berita

Kapolsek dan Danramil Kedungkandang Turut Berikan Arahan dalam Penyuluhan Hukum di PPK Kedungkandang

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 30 January 2019


KEDUNGKANDANG – Selain dihadiri Komisioner dan staf KPU serta PPK dan PPS se-Kedungkandang, kegiatan penyuluhan hukum di kecamatan kedungkandang, Rabu (30/1/2019) juga dihadiri oleh Kapolsek Kedungkandang dan perwakilan Koramil Kedungkandang.

Sebelum pemaparan materi oleh komisioner KPU kota Malang, pemaparan diberikan oleh Kapolsek kecamatan Kedungkandang, Suko Wahyudi. Suko memberi penjelasan mengenai langkah-langkah antisipatif yang dapat dilakukan agar tahapan Pemilu 2019 berjalan tertib dan lancar.

Selanjutnya pemaparan disampaikan oleh perwakilan Koramil Kedungkandang, Albertus. Albertus menyampaikan pernyataan dukungan dari jajaran TNI Angkatan Darat dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019. “Dalam menjalankan tugas TNI AD berpedoman pada Undang-undang No. 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasiona Indonesia” jelas Albertus.

“Tujuan dari penyuluhan ini untuk mengingatkan kembali PPK dan PPS akan tugas kewajiban dan wewenangnya dalam menjalankan tahapan Pemilu 2019 berdasarkan Undang-undang No. 7 tahun 2011 tentang pemilihan umum dan SE 1170/ 2018” Jelas Fajar, komisioner KPU kota Malang divisi Hukum. Fajar juga menjelaskan, Pemahaman aspek-aspek hukum pemilu penting bagi PPK PPS untuk memperkuat wawasan electoral complaint sehingga bagi penyelenggara pemilu akan dapat menyipakan langkah antisipatif agar proses dan hasil pemilu tidak dipermasalahkan secara hukum.

Dalam forum ini Fajar memaparkan secara detail mengenai aspek-aspek hukum Pemilu, jenis-jenis pelanggaran Pemilu, larangan-larangan kampanye serta peran PPK dan PPS dalam penanganan pelanggaran Pemilu. “PPK dan PPS juga harus menjaga integritas dengan bersikap jujur, mandiri, adil menempatkan hak dan kewajiban dengan seimbang dan akuntabel” tambah Fajar.


(nuzula)