Beranda / Berita

KEAMANAN PENGGUNAAN KARTU KREDIT PEMERINTAH

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 22 February 2020


Peningkatan keamanan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) terus dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi pengguna dari berbagai macam permasalahan yang dilakukan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab terhadap penggunaan KKP.

Berdasarkan Nota Dinas Direktorat Jenderal Perbendaharaan Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor : ND-96/PB.2/2020 Tanggal 31 Januari 2020 KPPN Malang menginformasikan kepada seluruh Satuan Kerja Kementerian / Lembaga dalam penggunaan KKP untuk :

  1. Membaca buku petunjuk atau manual book penggunaan KPP terlebih dahulu yang diterima dari Bank Penerbit KKP sebelum menggunakan KKP;
  2. Mengabaikan atau tidak menanggapi telepon/sms/email dari pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan bank penerbit KKP dengan nomor telepon/sms/email yang bukan nomor/email resmi Bank;
  3. Merahasiakan/tidak memberitahukan nama dan nomor kartu, kode Card Verification Value (CVV), kode One- Time Password (OTP), dan mas berlaku kartu kepada siapa pun termasuk pihak Bank;
  4. Melakukan pembayaran tagihan KKP secara tepat waktu.
  5. Melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi penggunaan KKP yang aman melalui video/standing banner/ leaflet/media sosial/sarana lainnya kepada Satuan Kerja mitra KPPN dimasing – masing wilayah.

Salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi penggunaan KKP yang aman telah dilakukan oleh PT BNI Persero bekerja sama dengan KPPN Malang mengadakan Sosialisasi KKP dan Virtual Account pada Hari Kamis Tanggal 20 Februari 2020 Pukul 10.00 WIB di Gedung BNI Heritage Jalan Basuki Rahmat Nomor 75 – 77 Malang. KPU Kota Malang sebagai pengguna KKP dengan penerbit PT BNI Persero merupakan mitra kerja KPPN Malang menghadiri acara sosialisasi tersebut yang diwakilan oleh Bendahara Diana Agustina Imbarwati dan Staf Dian Fitasari.

Dalam sambutannya pada acara tersebut Kepala KPPN Malang Teddy menjelaskan, “Dengan adanya acara sosialisasi ini dapat menjelaskan berbagai macam permasalahan yang dilakukan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab terhadap penggunaan KKP. Hal ini dapat menjadi pengingat bagi para pengguna KKP untuk lebih berhati – hati.”

Pihak PT BNI Persero melalui Pemateri dari LNC BNI Diana memaparkan Tips Keamanan Menggunakan Kartu Kredit BNI. ”Tips keamanan dalam menggunakan KKP yaitu, jangan pernah menyerahkan KKP BNI anda kepada pihak manapun, menjaga informasi data KKP BNI, waspada terhadap panggilan telepon dengan caller id yang mengatasnamakan BNI, apabila mengalami hal yang mencurigakan harap segera mencatat dan melaporkan ke nomor resmi BNI Call 1500046.”

Beliau juga berpesan untuk mewaspadai skimming, “Skimming adalah sebuah metode untuk membaca data magnetik yang terdapat pada kartu debit atau kartu kredit secara illegal dengan cara memodifikasi hardware atau software pembayaran atau menggunakan alat pembaca kartu (skimmer). Dalam hal ini diharapkan agar pengguna KKP tidak terpancing memberikan PIN ATM kepada pihak lain, memperhatikan kondisi fisik atm apakah ada hal yang mencurigakan atau tidak, memperhatikan kondisi fisik edc, memantau rekening secara berkala, dan berhati – hati terhadap nomor telepon Contact Center palsu.”

Di akhir materi Diana memaparkan cara aman bertransaksi di ATM yaitu, “Memilih lokasi ATM yang baik, memperhatikan kondisi mesin ATM, melindungi PIN dengan benar, tidak menerima bantuan orang lain pada saat melakukan transaksi di mesin ATM, serta menggunakan fitur keamanan diponsel untuk memantau dana pada rekening.”


(ADMIN)