Beranda / Berita

kegiatan Rakor Evaluasi bersama Bakesbangpol di hotel Aria

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 9 August 2019


Malang-Pasca Pemilu serentak April 2019 lalu, Walikota Malang mengajak stakeholder, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, serta seluruh komponen masyarakat untuk lebih menguatkan hubungan komunikasi dan sinergitas di kota Malang.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi dengan tema Perkembangan Politik Pasca Pemilu Serentak Dalam Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Kota Malang, Rabu (31/7/2019) di aula Mahameru Hotel Aria, kawasan ruko MOG, jln Kawi, kota Malang.

Drs H Sutiaji, walikota Malang, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya jalinan komunikasi dan sinergitas antar lembaga atau instansi, antar tokoh masyarakat, serta semua stakeholder termasuk penyelenggara dan peserta pemilu. “Mari bersama sama kita kuatkan dalam perkembangan politik pasca pemilu serentak di kota Malang ini. Sehingga antara pemerintah kota, legislatif, dan para peserta pemilu dalam hal ini partai politik, bisa bersinergi dengan baik,” Ujarnya dihadapan peserta rakor.

Lebih lanjut Sutiaji mengatakan masing-masing lembaga atau instansi serta stakeholder dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus terus berupaya serta berusaha semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya.

“Bagaimana tugas partai politik selaku peserta pemilu, tugas KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu, pemerintah selaku fasilitator dalam pelaksanaan pemilu, serta seluruh komponen masyarakat, sehingga pemilu bisa berjalan dengan baik,” jelas Sutiaji sambil mengevaluasi pemilu serentak 2019. “Tentunya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban tersebut didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Aminah Asminingtiyas, Ketua KPU kota Malang di sela-sela rakor yang mengundang seluruh pihak yang terlibat dalam pemilu serentak 2019 lalu, “Alhamdulillah, dengan komunikasi dan sinergitas yang baik, pelaksanaan pemilu serentak 2019 bisa berjalan lancar sesuai tahapan, aman dan terkenadali,” ujarnya lega.

“Selama pelaksanaan pemilu serentak 2019 semua pihak yang terkait baik dari parpol peserta pemilu, kami selaku penyelenggara, kawan Bawaslu, pemerintah kota beserta dinas terkait, pihak keamanan kepolisian dan TNI sangat intens dan proaktif dalam mensupport kami. Sehingga apapun tahapan dan kendalanya bisa segera dikomunikasikan dan ditangani,” lanjutnya.

Kedepan Aminah berharap dari hasil evaluasi ini menjadi catatan untuk pelaksanaan pemilu ditahun-tahun yang akan datang. “Semoga dengan evaluasi ini banyak masukan dan saran kepada kami selaku penyelenggara pemilu, sehingga perbaikan-perbaikan terus kami lakukan guna mewujudkan pemilu yang berkualitas,” pungkasnya. (*)


(ADMIN)