Beranda / Berita

KELAS PEMILU DENGAN TEMA KESEKRETARIATAN KPU KABUPATEN/KOTA : “REFRESHMENT DAN PENDALAMAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI PEJABAT STRUKTURAL DAN STAF

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 8 September 2020


KELAS PEMILU DENGAN TEMA KESEKRETARIATAN KPU KABUPATEN/KOTA : “REFRESHMENT DAN PENDALAMAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI PEJABAT STRUKTURAL DAN STAF

Mengawali minggu kedua di Bulan September, Pada Hari Senin Tanggal 7 September 2020 KPU Kota Malang menggelar Kelas Pemilu bagi mahasiswa magang/PKL di KPU Kota Malang dengan Tema Struktur Organisasi Kesekretariatan KPU Kota/Kabupaten : “Refreshment dan Pendalaman Tugas Pokok dan Fungsi Pejabat Struktural dan Staf.” di Aula Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Mahasiswa dan Mahasiwi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang dan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga melaksanakan Praktek Kerja Lapangan dan Magang di Kantor KPU Kota Malang. Bertindak selaku narasumber atau pemateri Sekretaris KPU Kota Malang Muhamad Sailendra.

Muhamad Sailendra menjelaskan dasar hukum kedudukan, tugas, fungsi, wewenang, organisasi, dan tata kerja Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, serta peran dasar KPU. Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi, dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota dibentuk untuk mendukung kelancaran tugas wewenang KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota. Berdasarkan Struktur Organisasi, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota seperti di Sekretariat KPU Kota Malang dipimpin oleh Sekretaris KPU Kabupaten /Kota. Secara administratif Sekretaris KPU Kabupaten/Kota bertanggung jawab kepada Sekretaris KPU Provinsi dan secara fungsional bertanggung jawab kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut Muhammad Sailendra menjelaskan bahwa Sekretariat KPU Kabupaten/Kota mempunyai tugas untuk membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu, membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu, memberikan dukungan teknis administratif, membantu pelaksanaan tugas KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu, membantu pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, membantu perumusan dan penyusunan Rancangan Keputusan KPU Kabupaten/Kota, membantu penyusunan laporan penyelenggaraan kegiatan dan pertanggungjawaban KPU Kabupaten/Kota, serta membantu pelaksanaan tugas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris KPU Kota Malang dibantu oleh 4 (empat) Subbagian yang terdiri dari Subbagian Program dan Data, Subbagian Hukum, Subbagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partispasi Masyarakat, serta Subbagian Keuangan, Umum, dan Logistik.

Muhamad Sailendra juga menjelaskan bahwa Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi, dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota bersifat hierarkis. Pegawai KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota berada dalam satu kesatuan manajemen kepegawaian. Secara nasional KPU RI melaksanakan tugas dan fungsi sebagai regulator, KPU Provinsi selaku koordinator, sedangkan yang berperan sebagai implementator dan pengawas Badan Ad Hoc adalah KPU Kabupaten/Kota. Tanggung jawab fungsional Sekretaris KPU Kabupaten/Kota kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota terkait dengan pelaksanaan program dan tahapan Pemilu, sedangkan tanggung jawab administratif kepada Sekretaris KPU Provinsi, antara lain terkait dengan anggaran dan kepegawaian.

Kelas Pemilu tersebut berlangsung mulai Pukul 14.30 hingga 16.00 di Aula Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi sekaligus mensosialisasikan struktur organisasi dan tata kerja Sekretariat KPU Kota Malang kepada mahasiswa dan mahasiswi magang/PKL sehingga dapat menambah wawasan sekaligus pengalaman disamping melaksanakan tugas yang diberikan.


(ADMIN)