Beranda / Berita

KENAIKAN GAJI BERKALA PNS TAHUN 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 30 July 2020


KENAIKAN GAJI BERKALA PNS TAHUN 2020

Salah satu materi yang dipaparkan oleh Narasumber dari Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya Winarno pada Workshop Proses Kenaikan Pangkat dan Penetapan Kenaikan Gaji Berkala (KGB) dengan menerapkan protokol kesehatan pada Hari Rabu Tanggal 29 Juli 2020 Pukul 12.00 WIB di Ruang Sidang Balaikota Malang Jalan Tugu Nomor 1 Kota Malang, yaitu tentang Kenaikan Gaji Berkala PNS.

Pedoman pelaksanaan Kenaikan Gaji Berkala PNS diatur dalam Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Seorang PNS memiliki hak atas gaji, tunjangan, fasilitas, cuti, jaminan pensiun, jaminan hari tua, perlindungan, dan pengembangan kompetensi. Gaji dibayarkan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab jabatan dan resiko pekerjaan, selain itu PNS juga menerima tunjangan dan fasilitas. Secara berkala gaji seorang PNS akan mengalami kenaikan. Kenaikan Gaji Berkala (KGB) tersebut diberikan kepada PNS yang telah mencapai m.k golongan ruang yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala yaitu setiap 2 tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang - undangan yang berlaku.

KGB pertama kali bagi PNS yang diangkat dalam golongan ruang I, II dan III diberikan setelah mempunyai masa kerja 2 tahun sejak diangkat menjadi CPNS dan selanjutnya 2 tahun sekali, kecuali untuk CPNS yg pertama kali diangkat dalam golongan ruang II/a diberikan KGB pertama kali setelah mempunyai masa kerja 1 tahun dan selanjutnya setiap 2 tahun sekali.

Persyaratan KGB yaitu telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala serta memiliki Penilaian Prestasi Kerja (PPK) dengan nilai rata - rata sekurang - kurangnya “CUKUP”. Mekanisme perhitungan KGB yaitu, komponen menghitung KGB berdasarkan masa kerja di Keputusan Kenaikan Pangkat terakhir dan TMT berlakunya Keputusan tersebut atau berdasarkan masa kerja dan TMT pada KGB yang terakhir. Golongan I dan II KGB akan naik tiap masa kerja GANJIL, sedangkan Golongan III dan IV KGB akan naik tiap masa kerja GENAP.

Untuk mencegah keterlambatan pengajuan, maka masing2 Satua Kerja hendaknya mempunyai daftar kendali atau daftar penjagaan KGB pegawainya sehingga penerbitan KGB dapat diselesaikan 2 bulan sebelum TMT KGB.


(ADMIN)