Beranda / Berita

KESAN-KESAN MAHASISWA UNISMA MAGANG DI KPU

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 16 February 2021


Pada Hari Selasa Tanggal 16 Februari 2021, 2 Orang mahasiswi Universitas Islam Malang Aster Haryanti dan Larastiana Dewi dari Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Negara, membagikan pengalaman dan kesan-kesannya selama melakukan kegiatan Praktik Kerja Magang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang.

Aster menjelaskan selama melakukan Praktik Kerja Magang, dia mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman kerja, utamanya terkait mekanisme pelayanan publik. “Tugas yang diberikan kepada kami sejalan dengan bidang ilmu yang diajarkan oleh kampus,” terang Aster.

Laras juga menjelaskan bahwa dia bersyukur telah mendapatkan pengalaman magang sebagai bekal mendapatkan pekerjaan nanti dimasa depan. Menurutnya, pelayanan publik KPU Kota Malang kepada masyarakat cukup baik. “Pelayanannya ramah dan sangat memuaskan,” tutur Laras.

“Terlebih masyarakat yang meminta data atau informasi melalui PPID selalu mendapatkan kemudahan pada prosesnya, betul-betul transparan dan akuntabel,” tegas Laras.

Lebih lanjut Aster menerangkan bahwa persyaratan bagi masyarakat untuk meminta data atau informasi di KPU Kota Malang melalui PPID cukup mudah. “Masyarakat pemohon informasi tinggal mendatangi helpdesk PPID KPU Kota Malang, kemudian mengisi formulir permohonan informasi dengan melampirkan fotocopy kartu identitas yang masih berlaku, setelah itu pemohon informasi akan mendapatkan tanda bukti dan nomor formulir permohonan informasi,” jelas Aster.

“Waktu pemenuhan permohonan informasi umum selambat-lambatnya 10 hari kerja, dan dapat diperpanjang selama 7 hari kerja disertai dengan alasannya,” lanjut Laras.

Baik Laras dan Aster senang mendapatkan pengalaman untuk membantu para Pegawai KPU Kota Malang melakukan pelayanan publik. Keduanya membagikan pengalaman tersebut pada skema Podcast MAKOTA KPU Kota Malang.


(ADMIN)