Beranda / Berita

Ketua KPU Kota Malang menghadiri Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih Di KPU Provinsi Jawa Timur

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 9 August 2019


Surabaya-Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Malang mengapresiasi KPU provinsi Jawa Timur yang telah melaksanakan tahapan di penghujung serangkaian kegiatan Pemilu serentak 2019, yaitu rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon legislatif terpilih, setelah pembacaan putusan akhir sengketa PHPU (Perkara Hasil Pemilihan Umum) pemilihan legislatif di MK (Mahkamah Konstitusi) pada 7 Agustus 2019 lalu.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Aminah Asminingtyas, Ketua KPU Kota Malang, saat menghadiri rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD provinsi Jawa Timur pada pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2019, Senin (12/8/2019) di hotel Wyndham, Surabaya.

“Alhamdulillah, akhirnya KPU provinsi Jawa Timur bisa melaksanakan rapat pleno penetapan setelah sekian minggu menghadapi sidang sengketa pemilu, baik pilpres dan pileg di MK,” ujarnya lega, meski ia hadir sebagai undangan pada acara tersebut. “Saya sangat salut kepada KPU provinsi jatim, karena dari awal hingga akhir telah mengawal sengketa pemilu di MK,” lanjutnya.

Aminah juga menyampaikan pesan dan harapan di acara tersebut. “Selamat dan sukses untuk KPU provinsi Jatim, telah menetapkan perolehan kursi partai politik dan caleg terpilih DPRD provinsi Jatim. Semoga komisioner KPU Jatim senantiasa diberikan kesehatan dan kebaikan, Aamiin YRA,” harapnya.

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih ini dihadiri oleh Ketua KPU RI, yaitu Arief Budiman dan Ilham Syahputra, Ketua KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Bawaslu, peserta pemilu tingkat provinsi Jawa Timur, para caleg terpilih, pemerintah provinsi, serta stakeholder terkait ditingkat provinsi Jawa Timur.

Dalam acara penetapan tersebut Ketua KPU RI Arief Budiman dan KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak penyelenggara, peserta pemilu, pemerintah, aparat keamanan kepolisian dan TNI, serta seluruh pihak terkait sehingga pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Jawa Timur berjalan dengan lancar, baik dan terkendali.

Berikut selanjutnya perolehan kursi DPRD provinsi Jawa Timur sesuai urutan jumlah kursi yang diraih masing-masing partai politik, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 27 kursi, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 25 kursi, Partai Gerindra 15 kursi, Partai Demokrat 14 kursi, Partai Golkar 13 kursi, Partai Nasdem 9 kursi, PAN 6 kursi, PPP 5 kursi, PKS 4 kursi, sedangkan Partai Hanura dan PBB masing-masing 1 kursi, total kursi yang diperebutkan 120 kursi DPRD provinsi, terdiri dari 14 Dapil se-Jawa Timur. (*)


(ADMIN)