Beranda / Berita

KHOTMIL QUR’AN ONLINE KPU SE - PROVINSI JAWA TIMUR “DOA UNTUK KESELAMATAN BANGSA DAN SUKSES PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020”

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 22 May 2020


KHOTMIL QUR’AN ONLINE KPU SE - PROVINSI JAWA TIMUR “DOA UNTUK KESELAMATAN BANGSA DAN SUKSES PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020”

Serangkaian kegiatan Khotmil Qur'an diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, beserta doa untuk kebaikan dan keselamatan bangsa di tengah Pandemi COVID - 19 pada Hari Kamis Tanggal 21 Mei Tahun 2020 secara online dengan aplikasi zoom meet, dimulai pukul 15.00-17.00 WIB.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam, dilanjutkan dengan arahan dan tausiah hikmah Ramadhan oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman, serta penyampaian informasi seputar penundaan Pemilihan Serentak dihadapan peserta Khotmil Qur’an yang terdiri Komisioner dan Jajaran Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se- Jawa Timur.

Arief Budiman menyampaikan pengalaman melaksanakan tugas di Bulan Ramadhan di tengah Pandemi COVID - 19 cukup berkesan, “Meski suasana berada di tengah Pandemi COVID - 19, kita tetap harus melaksanakan tugas di KPU secara WFH sebagaimana mestinya, dengan banyak keterbatasan serta mentaati protokol penanganan COVID - 19, dimanapun kita bertugas,” ujarnya.

“Saya senang dan bersyukur KPU Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan acara Khotmil Qu'an dan do'a bersama untuk kebaikan bangsa Indonesia, supaya mampu melewati masa-masa sulit seperti ini,” lanjutnya.

Selain itu, Arief juga menceritakan pengalaman Ramadhan 1441 H / 2020 M ditengah pandemi COVID - 19 ini. “Alhamdulillah, saya juga bersyukur bisa bersama keluarga melaksanakan buka puasa dirumah beberapa hari, dan juga bisa sholat berjamaah bersama keluarga dirumah,” tuturnya penuh haru. “Karena Ramadhan tahun lalu sangat jarang bisa berkumpul bersama keluarga,” imbuhnya.

Arief Budiman kemudian melanjutkan penyampaian informasi terkait penundaan pelaksanaan Pemilihan Serentak kepala daerah baik Pemilihan Gubernur dan Wakilnya, Bupati dan Wakilnya, serta pemilihan Walikota dan Wakilnya. “Kita, KPU tetap mengacu pada Perppu Nomor 2 Tahun 2020. Dengan menyiapkan skema tahapan penundaan pelaksanaan pemilihan serentak di Bulan Desember 2020, terlepas nanti ada informasi resmi tentang perkembangan kasus atau status pandemi COVID - 19, tetap harus menunggu info lebih lanjut dari otoritas lembaga yang berwenang terkait kasus COVID - 19 ini,” jelasnya.

Disamping itu Arief Budiman juga menjelaskan, KPU RI juga terus melakukan komunikasi, koordinasi dan konsultasi dengan pemangku kebijakan pembuat undang-undang pemilihan serentak, yaitu dengan DPR dan Pemerintah. “Karena keputusan penundaan dan waktunya, memang harus melibatkan semua pihak, baik lembaga pelaksana pemilihan, pemerintah, dan DPR”, ungkapnya.

“Dan semoga dalam waktu dekat akan ada rapat terbatas membahas hal tersebut, sambil melihat perkembangan kasus COVID - 19, apakah bisa dilanjut bulan Desember 2020, atau bisa jadi ditunda di Tahun 2021,” pungkas Arief Budiman.

Setelah arahan dari KPU RI, acara khotmil qur'an dimulai. Khotmil qur'an ini dipimpin oleh KPU Propinsi Jatim yaitu Miftahurrozak, dengan membagi masing-masing peserta per-juz alqur'an untuk dibaca yang telah dibagi sebelumnya. Setelah selesai pembacaan alqur'an (khotmil qur'an), acara ditutup dengan doa kebaikan untuk bangsa Indonesia.


(ADMIN)