Beranda / Berita

KPU Kota Malang Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih, Penyusunan DPK dan DPTb bersama PPK dan PPS Pemilu 2019

Ditulis Oleh: Admin Tanggal: 16 January 2019


KLOJEN– Rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih dilangsungkan di Hotel Aria Gajayana pada Rabu (16/01). Acara ini dihadiri oleh Komsioner KPU Kota Malang, PPK dan PPS pemilu 2019 se-kota Malang. Rakor dimulai pada pukulu 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Rapat Koordinasi antara KPU, PPK dan PPS bertujuan untuk mendengarkan paparan dari PPK terkait Data Pemilih, khususnya DPK dan DPTb, yang telah berlangsung beberapa waktu lalu. Pada kesempatan ini, komisioner divisi Data, Deny menyampaikan beberapa hal mengenai ketentuan pemilih DPK dan pemilih DPTb.

“Apabila terdapat masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih dalam DPTHP-2, maka dapat menyampaikan kepada PPS desa/kelurahan yang bersangkutan untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), sedangkan pemilih yang tidak bisa memilih di TPS asalnya dan memilih di TPS lain karena alaan tertentu, kuliah misalnya, nah itu bisa dimasukkan ke DPTb” terangnya.

Selanjtnya dibuka sesi tanya jawab untuk PPK dan PPS, peanaya berasal dari PPK Lowokwaru, Maman. Maman menanyakan, ada seorang pemilih terdaftar di kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing sekarang sudah menjadi warga Lowokwaru dan mendaftar di kelurahan Tunjungsekar, warga ini mengurus KTP sekitar dua bulan yang lalu. Apakah harus mengurus A5. Pertanyaan langsung dijawab Deny, warga tersebut daftarkan di DPK, dann koordinasi dengan PPS Purwodadi, agar namanya ditandai tanpa harus dicoret dari daftar pemilih.


(Admin)