Beranda / Berita

KPU Kota Malang Jelaskan Mekanisme Penetapan Calon Terpilih

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 10 April 2019


Alt Image

MALANG – KPU Kota Malang menghadirkan LO partai politik (parpol) dan LO Tim Kampanye Nasional (TKN) Paslon Presiden dan Wakil Presiden 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Paslon Presiden dan Wakil Presiden 02 dalam rapat koordinasi penetapan calon terpilih di hotel Gajahmada, Rabu (10/4/2019).

Rapat koordinasi ini dipimpin oleh komisioner KPU kota Malang divisi Teknis, Aminah Asminingtyas. Di awal pemaparan Aminah menjelaskan dasar hukum penetapan calon terpilih. Kemudian Aminah menjelaskan mengenai metode penghitungan alokasi kursi Sainte Lague .

“Metode Sainte Lague Murni dilakukan dengan membagi perolehan suara parpol dengan bilangan 1, 3, 5, 7, 9 dan seterusnya” jelas Aminah. Selanjutnya, Aminah menjelaskan, hasil pembagian pada bilangan pembagi diurutkan berdasarkan jumlah nilai terbanyak. Jumlah terbanyak pertama pada masing-masing hasil bilangan pembagi mendapatkan kursi.

Dalam rapat koordinasi ini, Aminah juga menjelaskan beberapa varian dalam penetapan kursi untuk partai politik diantaranya jika hasil pembagi suara sah parpol sama dan jika papol memperoleh suara sah tetapi tidak memiliki calon. Aminah juga menjelaskan mekanisme penyampaian keberatan, pengusulan pelantikan calon terpilih dan sanksi terkait penetapan calon terpilih.


(nuzula)