Beranda / Berita

KPU KOTA MALANG LAKSANAKAN RAPAT PLENO TERBUKA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 10 September 2020


KPU KOTA MALANG LAKSANAKAN RAPAT PLENO TERBUKA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN

Malang - Pada Hari Kamis Tanggal 10 September 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menggelar Rapat Pleno Terbuka Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bulan Agustus 2020 d secara daring di Aula Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang. Rapat Pleno Terbuka tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Malang, Bawaslu Kota Malang, Polresta Kota Malang, Dandim 0833 Kota Malang, Dispendukcapil Kota Malang, Partai Politik Peserta Pemilu 2019 Tingkat Kota Malang.

Acara dibuka oleh Pembawa Acara pada Pukul 10.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Pelaksanaan Kegiatan oleh Sekretaris KPU Kota Malang Muhamad Sailendra, serta sambutan dan arahan dari Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas.

Setelah itu Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Nur Zaini Wikan Utomo menyampaikan hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Agustus sebanyak 619.983 pemilih, dengan perincian laki - laki berjumlah 303.661 pemilih, sedangkan perempuan berjumlah 316.322 pemilih. Data tersebut tersebar di 5 Kecamatan dan 57Kelurahan di Kota Malang.

Nur Zaini Wikan Utomo mengharapkan kerjasama serta koordinasi dengan stakeholder terkait dan masyarakat untuk bersama - sama mendukung proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dengan berperan serta aktif menginformasikan atau memberikan tanggapan terhadap adanya perubahan data atau mutasi kependudukan seperti, penduduk pindah datang, pemilih pemula, perubahan identitas, perubahan status pekerjaan TNI/POLRI, anggota TNI/Polri yang memasuki masa purnatugas, perubahan alamat atau domisili, serta data kematian.

KPU Kota Malang membuka ruang dan layanan seluas - luasnya bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilaksanakan KPU Kota Malang. Lebih lanjut Nur Zaini Wikan Utomo menambahkan bahwa tujuan PDPB adalah untuk memperbaharui data pemilih guna memudahkan proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu ataupun Pemilihan selanjutnya, serta sebagai bentuk upaya keterbukaan KPU Kota Malang terkait jumlah daftar pemilih yang dimutakhirkan meskipun pada Tahun 2020 ini KPU Kota Malang tidak memiliki agenda Pemilihan.


(ADMIN)