Beranda / Berita

KPU Kota Malang Melakukan Protokol Pencegahan Virus Corona

Ditulis Oleh: Admin Tanggal: 23 March 2020


Malang-KPU Kota Malang melakukan protokol pencegahan penyebaran virus Cirona/Covid-19, salah satunya dengan menyediakan cairan untuk membersihkan tangan (hand sanitizer) kemasan botol di pintu masuk kantor dan setiap sudut ruang KPU Kota Malang.

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan tangan dan mencegah penularan virus corona yang akhir-akhir ini merebah didaerah Malang.

“Iya, kami melakukan protokol pencegahan penularan virus Corona di lingkungan KPU Kota Malang, sesuai Surat Edaran dari KPU RI,” kata Syailendra, Sekretaris KPU Kota Malang, saat ditanya program protokol pencegahan ditengah merebahnya virus corona, Kamis (23/3/2020), diruang kerjanya.

Sekretariat KPU Kota Malang menyediakan hand sanitizer di pintu masuk dan beberapa titik ruang kerja sebagai upaya menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran virus corona. “Siapapun yang berkunjung ke KPU Kota Malang boleh memakai hand sanitizer yang telah kami sediakan, supaya tetap terjaga kebersihan tangannya, dan antisipasi penyebaran virus corona,” lanjutnya sambil menjelaskan langkah-langkah protokol pencegahan virus corona yang ramai diberitakan di daerah Malang.

Syailendra mengatakan, protokol ini dilakukan sesuai Surat edaran dari KPU RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Panduan Tindak Lanjut Pencegahan Penularan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi/Komisi independen Pemilihan Aceh Dan Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota yang diterima beberapa waktu lalu. “Kami sudah melakukan tindakan pencegahan virus corona sesuai arahan dan edaran KPU RI dan juga memperhatikan edaran pemerintah daerah kota Malang terkait protokol pencegahan virus corona,” jelasnya.

“Kami memberikan arahan kepada seluruh pegawai, mulai dari rapat koordinasi, membuat tulisan jagalah kebersihan, jagalah kesehatan, jika merasa sakit sebaiknya istirahat dan kerja dari dirumah bila dibutuhkan, kemudian memakai ATK masing-masing, hingga menyediakan hand sanitizer ini,” paparnya.

Meski ramai diberitakan Malang raya termasuk zona merah terkait kasus virus corona, KPU Kota Malang tetap bekerja dan melaksanakan tugas sesuai arahan dan kebijakan KPU RI terkait protokol pencegahan virus corona/Covid-19 ini. “Jadi, kami tetap masuk kerja seperti biasa, sambil memantau perkembangan situasi terkait kasus virus corona ini,” pungkasnya. [*]


(Admin)