Beranda / Berita

KPU KOTA MALANG MENERIMA MAHASISWA PKL DARI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 6 August 2020


KPU KOTA MALANG MENERIMA MAHASISWA PKL DARI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Malang - Kota Malang sejak lama telah dikenal sebagai kota pendidikan. Salah satu indikatornya adalah banyaknya siswa dan mahasiswa dari luar kota atau luar daerah yang menempuh pendidikan di Kota Malang. Hal tersebut berimbas pada kebutuhan tempat atau institusi untuk menerima mereka pada saat membutuhkan tempat penelitian atau Praktek Kerja Lapangan (PKL). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang merupakan salah satu instansi yang menjadi tujuan bagi banyak mahasiswa untuk mengajukan permohonan data untuk riset dan juga untuk magang/PKL.

Pada Hari Kamis 6 Agustus 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menerima kembali mahasiswa PKL dari Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Kepada mahasiswa PKL bernama Naufal Addurunnafis tersebut, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Izzudin Fuad Fathony memberikan pengarahan agar dapat mengikuti kegiatan kerja yang berlangsung di KPU Kota Malang. Selain itu diharapkan Naufal Addurunnafis juga dapat memahami hal - hal terkait Pemilu dan Pemilihan, tupoksi KPU Kota Malang dalam melaksanakan Pemilu dan Pemilihan, serta tugas dan wewenang KPU Kota Malang usai tahapan Pemilu maupun Pemilihan.

Dalam proposalnya Naufal Addurunnafis memaparkan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mempunyai tugas melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pendidikan dilakukan dalam proses belajar mengajar di kampus, sementara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di luar kampus, salah satunya adalah kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL merupakan kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk menambah pengalaman (experience) yang lebih luas, sehingga menjadi insan profesional di bidangnya, dengan memiliki 4 (empat) kompetensi, yaitu kompetensi personal, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi layanan.

Adapun tujuan kegiatan akademik yang dikemas dalam Praktek Kerja Lapang (PKL), antara lain mengantarkan mahasiswa menjadi Intelektual-Profesional yang Ulama atau Ulama yang Intelek-Profesional, menggali kompetensi sebanyak-banyaknya yang diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa peserta PKL, memberikan bekal kepada mahasiswa peserta PKL menjadi sumber daya insani yang profesional dan berakhlak mulia, melatih mahasiswa peserta PKL yang berkemampuan, cakap, kritis, dan terampil dalam melakukan segala tugasnya sesuai keahliannya, serta membangun kompetensi personal mahasiswa peserta PKL, sehingga mempunyai motivasi dalam hidup, nilai dan keyakinan, perilaku dan konsep diri, knowledge, dan skills.


(ADMIN)