Beranda / Berita

KPU KOTA MALANG MENGHADIRI UNDANGAN LAUNCHING PEMILIHAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PASURUAN

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 30 November 2019


Pasuruan – KPU Kota Malang menghadiri undangan KPU Kota Pasuruan dalam kegiatan Launching Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan, di Gedung Olah Raga (GOR) Untung Suropati Kota Pasuruan Pukul 18.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Pasuruan serta KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten / Kota Se- Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam berpesan kepada KPU Kota Pasuruan selaku penyelenggara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan agar bertindak mandiri, profesional, melaksanakan tahapan sesuai jadwal yang ditetapkan, dan berintegritas. Selain itu beliau juga memberikan arahan agar pemilihan bisa berjalan lancar dan hasilnya berkualitas yaitu, “Yang pertama enyelenggara pemilihan memiliki peran yang berkualitas. Baik pihak penyelenggara teknis dari KPU ataupun Bawaslu Kota Pasuruan, saling berkoordinasi dan membangun sinergitas sesuai tupoksi lembaga masing-masing. Kedua Peserta Pemilihan yang berkualitas. Peserta pemilihan juga harus mampu menjadi peserta pemilihan yang baik dan berkualitas, tidak melakukan pelanggaran, money politics, dan mengikuti aturan pemilihan yang berlaku. Dan terakhir, Pemilihnya juga berkualitas. Pemilih ini adalah masyarakat yang memiliki hak pilih, jadi gunakan hak pilih anda dengan baik. Cermati calon yang ada, tanyakan hal-hal terkait calon yang pemimpin yang cocok untuk Kota Pasuruan. Kemudian hadir berbondong-bondong ke pemilihan Wali Kota dan Wakil wali Kota Pasuruan. Dan jangan menerima uang dari calon atau peserta pemilihan yang dimaksudkan untuk memepengaruhi pilihan bapak ibu saat di dalam bilik suara. Karena dua-duanya, baik yang memberi dan yang menerima akan dikenakan sanksi, minimal 3 tahun penjara atau sanksi lain sesuai aturan yang berlaku. Hindari money politic, karena sanksinya pidana, hukuman nya minimal 3 tahun. Jadi harus hati-hati dan hindari tindakan yang melanggar aturan pemilihan.”

“Dengan adanya sinergitas pembangunan diantara Forkopimda di Kota Pasuruan, InsyaAllah Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan bisa berjalan lancar, aman, dan damai. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran untuk kawan-kawan penyelenggara pemilihan bersama Forkopimda serta Stakeholder di Kota Pasuruan.” Pungkas Choirul Anam.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari dalam sambutannya juga menjelaskan, “Sengaja launching pemilihan ini diadakan lebih awal dari Kabupaten/Kota Se- Jatim, kami mengajak pada seluruh masyarakat Kota Pasuruan untuk berpartisipasi dalam proses pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan dengan turut serta mengikuti dan berperan di seluruh tahapan yang akan dilakukan. Bisa jadi penyelenggara ditingkat PPK, PPS, KPPS dan menjadi pemilih yang baik saat pemilihan dimulai di Kota Pasuruan. Karena masa depan Kota Pasuruan ada ditangan bapak ibu sekalian.”

Royce juga berpesan, “Jangan mau jika diberi uang kalau untuk mempengaruhi pilihan bapak ibu, karena itu Money politic, dan ada sanksinya bagi si pemberi dan penerima. Kenalilah calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pilihan anda, dan gunakan hak pilih anda saat di TPS nanti saat hari-H pemilihan, yaitu hari Rabu, tanggal 23 September 2020.”


(ADMIN)