Beranda / Berita

KPU KOTA MALANG MENYELENGGARAKAN KAJIAN PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 18 March 2020


Malang - Hari Rabu Tanggal 18 Maret Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menggelar kajian dengan Tema Penyelesaian Sengketa Informasi di Aula Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Pada Pukul 09.30 WIB.

Kajian ini dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut atas Sosialisasi PERKI No. 1 Tahun 2019 tentang Standar Layanan dan Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilihan Umum dan Pemilihan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Jatim yang bertempat di Kantor Bakorwil Madiun, Jl. Pahlawan Nomor 31 Madiun pada Hari Kamis Tanggal 27 Februari 2020.

Narasumber dalam kajian tersebut adalah Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Izzudin Fuad Fathony dan Subbag Teknis dan Hupmas Ayu Jaya Tiur Nauli S. “Berdasarkan Pasal 28 F Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk memiliki, mencari, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia,” terang Izzudin Fuad Fathony.

“Atas haknya tersebut pemohon informasi dapat mengajukan Permohonan Sengketa Informasi apabila, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) menolak permohonan informasi dengan alasan pengecualian, Atasan PPID tidak menanggapi keberatan Pemohon, dan Pemohon tidak puas terhadap tanggapan Atasan PPID atas keberatan, “ pungkas Izzudin Fuad Fathony.

Izzudin Fuad Fathony juga memberikan materi tentang hak atas informasi publik, penyelesaian sengketa informasi pemilu dan pemilihan, pengertian sengketa informasi pemilu, pemohon sengketa informasi pemilu, serta putusan Komisi Informasi di hadapan peserta yang terdiri dari Komisioner dan Sekretariat KPU Kota Malang.

Acara diskusi atau kajian ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas SDM dan sharring ilmu atau pengetahuan kepada Pegawai di KPU Kota Malang. Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan kondusif hibgga Pukul 12.00 WIB.


(ADMIN)