Beranda / Berita

KPU Kota Malang Serahkan Hasil Verifikasi Faktual PSI dan Perindo

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 6 January 2018


BANTARAN – Setelah melalui rangkaian tahapan verifikasi faktual, Sabtu (6/1/2018), hasil verifikasi faktual disampaikan kepada dua partai yaitu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Mengenai hasil verifikasi, Fajar Santosa, komisioner KPU kota Malang divisi hukum menjelaskan, untuk verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempuan dalam kepengurusan dan domisili kantor tetap, baik PSI maupun perindo dinyatakan MS (Memenuhi Syarat).

Sedangkan mengenai keanggotaan partai, lanjut Fajar, Perindo dinyatakan lolos setelah dilakukan verifikasi pada 86 sampel anggota dan 85 diantaranya dinyatakan MS. Di sisi lain, PSI dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) karena dari 85 sampel anggota, 30 diantaranya TMS. Satu anggota yang diverifikasi mewakili 10 anggota, sehingga 30 anggota yang TMS berarti yang di-TMS kan adalah 300 anggota. PSI menyerahkan berkas keanggotaan sebanyak 851, dikurangi 300 berarti anggota yang dinyatakan MS sebanyak 551. Jumlah ini kurang dari batas minimal kenggotaan yaitu seperseribu jumlah penduduk.

“Partai yang dinyatakan TMS diberi kesempatan perbaikan syarat dukungan tanggal 10 sampai 12 Januari” tambah Fajar.


(nuzula)