Beranda / Berita

KPU Kota Malang Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk Pemilu 2019

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 21 March 2019


Alt Image

BANTARAN – Kamis (21/3/2019), KPU kota Malang gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019. Simulasi yang digelar di kantor KPU kota Malang ini diperankan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan staf KPU kota Malang.

Pukul 09.00, aula KPU kota Malang telah tersetting sesuai denah TPS untuk Pemilu 2019. PPK maupun staf KPU yang berperan sebagai KPPS, Linmas, Saksi dan Pemilih telah bersiap dan menngunakan ID card sesuai perannya. Urutan kegiatan dalam simulasi ini disesuaikan dengan kegiatan sebenarnya di TPS, diawali dengan sumpah janji KPPS dan Linmas, pembukaan, membuka kotak suara, pemilihan hingga penghitungan suara.

Dalam simulasi ini, juga diperankan beberapa jenis pemilih antara lain pemilih pindahan, pemilih tambahan dan pemilih disabilitas. “Memang salah satu tujuan simulasi ini adalah memerankan tugas KPPS termasuk jika ada kasus tertentu di TPS” jelas Aminah Asminingtyas, komisioner divisi teknis KPU kota Malang. Di simulasi ini juga disimulasikan kasus jika ditemukan surat suara rusak dan pemilih disabilitas yang ingin didampingi keluarganya.


(nuzula)