Beranda / Berita

KPU Kota Malang Sosialisasikan Aspek-Aspek Hukum dan Peran Stakeholder dalam Pilkada

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 4 May 2018


Alt Image

KLOJEN – Jum’at (4/5/2018), bertempat di hotel Regent kota Malang, KPU kota Malang gelar Sosialisasi tentang aspek-aspek hukum dalam Pilkada dan peran stakeholder dalam mensukseskan Pilkada kota Malang tahun 2018.

Undangan yang hadir dalam sosialisasi ini adalah ketua dan sekretaris partai politik di kota Malang dan pengurus organisasi masyarakat di kota Malang. Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Sufiyanto, mantan ketua Bawaslu Jatim dan Kartika, ketua pengelolaan barang sitaan kejaksaan negeri kota Malang.

“Tupoksi kejaksaan negeri dalam Pilkada ada dua macam bidang pidana dan perdata dan tata usaha Negara” jelas Kartika. Lanjut Kartika, subyek hukum pilkada yaitu PPK, PPS, KPPS dan KPU, calon gubernur dan bupati atau walikota, pejabat ASN, kades dan lurah, pimpinan partai politik dan atasan.

Sufiyanto menjelaskan, menjaga kemurnian pemilu dapat dilakukan dengan pencegahan, penindakan dan penyelesaian sengketa. Demokratis atau tidaknya pemilu bergantung pada integritas penyelenggara pemilu. “Permasalahan Pemilu jika di panwascam stagnan dapat langsung dilaporkan ke Bawaslu” pungkas Sufiyanto.


(nuzula)