Beranda / Berita

KPU Kota Malang Tetapkan Sutiaji-Edy Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Malang

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 26 July 2018


LOWOKWARU – Kamis (26/7/2018), KPU Kota Malang menetapkan pasangan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang terpilih periode 2018-2023.

Dalam rapat pleno yang digelar di Hotel Santika Kota Malang ini, Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin mengatakan, penetapan dilakukan setelah diperoleh kepastian tidak ada pengajuan gugatan dari calon lain. Kepastian tidak adanya gugatan diperoleh melalui surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“KPU selanjutnya akan menyerahkan salinan penetapan kepada sejumlah pihak, di antaranya KPU dan DPRD Kota Malang. Tugas KPU sendiri dalam kaitan dengan Pilwalkot Malang dianggap selesai” jelas Zaenudin
Pasangan nomor urut tiga Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko (SAE) unggul atas dua pasangan lain yakni M Anton- Syamsul Mahmud (Asyik) dan Yaqud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi (Menawan). Pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar itu unggul dengan perolehan 165.194 suara.

Pasangan nomor urut 1, Yaqud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi (Menawan) yang diusung PDIP, Hanura, PAN, PPP dan NasDem memperoleh 69.973 suara. Pasangan nomor urut 2, M Anton-Syamsul Mahmud (Asyik) yang diusung PKB, Gerindra dan PKS mendapatkan 135.710 suara.
Total jumlah suara sah sebanyak 370.877 suara, tidak sah sebanyak 26.945. Total jumlah pemilih sebanyak 397.822 orang.


(nuzula)