Beranda / Berita

KPU Provinsi Jatim Gelar Halal Bi Halal & Pengarahan Umum KPU RI Secara Daring

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 4 June 2020


KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Halal Bihalal Idul Fitri 1441 H dan pengarahan umum KPU RI tentang peran KPU pada masa Pandemi COVID - 19. Kegiatan dilaksanakan Senin, 2 Juni 2020 Pukul 10.00 WIB, diikuti oleh Ketua beserta seluruh Anggota dan Sekretaris dari KPU Provinsi dan 38 KPU Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur. Termasuk KPU Kota Malang. Ketua dan Anggota beserta Sekretaris KPU Kota Malang mengikuti jalannya acara tersebut dengan seksama.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam menyampaikan, "Ada 19 KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Serentak. Di Jawa Timur sampai saat ini masih terdapat daerah yang menerapkan PSBB, dan ada juga yang telah selesai menerapkan PSBB. PSBB secara keseluruhan di Jawa Timur berakhir tanggal 8 Juni 2020. Untuk itu KPU Jawa Timur sudah sangat siap untuk melanjutkan Pemilihan Serentak 2020."

Tantangan pelaksanaan Pemilihan ditengah pandemi COVID -19 serta beberapa poin menjadi perhatian yang dibahas di KPU RI. "Meski ini masih ada di beberapa daerah yang masih ada penerapan PSBB, akan menjadi perhatian khusus terutama pelaksaan kegiatan yang berhubungan langsung dengan warga." jelas Komisioner KPU RI Ilham Saputra.

"Dalam pembahasan pemilihan serentak dimasa pendemi, diantaranya untuk kampanye bisa menggunakan daring, bagi daerah yang susah jaringan tetap melaksanakan secara protokol covid-19. Teknis pencoblosan akan dibahas menggunakan peralatan yang sekali pakai, seperti alat coblos, tinta, dan lain sebagainya. Juga termasuk bilik isolasi, jika dalam pelaksanaan ada warga atau penyelenggara yang terpapar virus," lanjut Ilham Saputra.

Ilham Saputra juga berpesan kepada peserta dalam pertemuan secara online tersebut agar, "Berhati - hati dalam bertugas, selalu menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dimanapun berada, terutama di lingkungan kerja KPU."

Setelah selesai pengarahan umum dari Komisioner KPU RI tersebut, satu persatu komisioner KPU Propinsi Jatim dan KPU Kabupaten/Kota Se- Jawa Timur menyampaikan prakata dan permohonan maaf lahir batin di momen hari raya Idul Fitri 1441 H kali ini.

Setelah Halal Bi Halal selesai, acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi bagi masing-masing divisi yang mengadakan Pemilihan Serentak 2020.


(ADMIN)