Beranda / Berita

KPU SERIUS MELAKUKAN UPAYA PENCEGAHAN VIRUS COVID -19

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 26 March 2020


Malang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia serius melakukan upaya pencegahan Virus Covid – 19 dengan menerbitkan Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Kegiatan Perkantoran Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Wabah Corona Virus Disease (COVID-19) Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Provinsi / Komisi Independen Pemilihan Aceh dan Komisi Pemilihan Umum / Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota.

Sejumlah kebijakan diatur dalam Surat Edaran tersebut diantaranya, pemberlakuan kebijakan work from home untuk satuan kerja Komisi Pemilihan Umum Provinsi / Komisi Independen Pemilihan Aceh dan Komisi Pemilihan Umum / Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota yang wilayahnya telah ditetapkan menjadi status tanggap darurat bencana atau kejadian luar biasa.

Dalam Surat Edaran tersebut juga mewajibkan seluruh pimpinan melaksanakan tugas dan fungsi organisasi dapat berjalan efektif serta melakukan monitoring dan pengawasan kinerja seluruh pejabat/staf.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut adanya wabah Virus Corona COVID-19 yang telah menyebar ke beberapa wilayah di tanah air. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan cara penyebaran virus corona dari satu orang ke lainnya. Menurut WHO, ketika seseorang yang menderita COVID-19 batuk atau sesak bernafas, mereka melepaskan seperti tetesan cairan yang juga terdapat virus corona. Kebanyakan tetesan atau cairan itu jatuh pada permukaan dan benda di dekatnya, seperti meja, meja, atau telepon. Orang bisa terpapar atau terinfeksi COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker, menjaga daya tahan tubuh, tidak pergi ke wilayah terjangkit, menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus, serta melakukan social distancing.


(ADMIN)