Beranda / Berita

Kuliah Tamu Mahasiswa UIN di KPU Kota Malang

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 4 December 2017


BANTARAN – Mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri (UIN) Malang gelar kuliah tamu di KPU kota Malang, Senin (4/12/2017).

Mahasiswa UIN Malang mendatangi kantor KPU kota Malang untuk belajar mengenai Hukum Kepartaian dan Pemilu. Dosen Hukum Tata Negara, Irham Bashori Hasba turut mendampingi mahasiswa dalam kuliah tamu ini. Dalam sambutannya, Irham mengucapkan terimakasih kepada KPU kota Malang karena telah menerima dengan baik dan menghimbau mahasiswa untuk belajar dan mengambil ilmu di kuliah tamu ini.

Pemateri dalam kuliah tamu ini adalah Ketua KPU kota Malang, Zaenudin. Di awal pembahasan, Zaenudin menjelaskan mengenai pemilu dan sistem pemilu. Kemudian menjelaskan mengenai 4 unsur pemilu yaitu daerah pemilihan, mekanisme pencalonan, proses pemberian suara dan perhitungan serta penetapan kursi dan calon terpilih. “Tidak ada sistem pemilu yang sempurna, setiap 5 tahun UU berubah” jelas Zaenudin.

Mahasiswa UIN Malang antusias dalam kuliah tamu. Pada sesi tanya jawab banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. Sebagai apresiasi, mahasiswa yang bertanya diberi hadiah boneka maskot KPU kota Malang.


(nuzula)