Beranda / Berita

KUNJUNGAN KERJA PEMBELAJARAN PEMILIHAN DAN VISITASI RPP HAMUR GARUDEYA OLEH KPU PROVINSI BANTEN DAN KPU KOTA TANGERANG SELATAN

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 20 November 2019


Malang – Selasa 19 November 2019 KPU Kota Malang menerima kunjungan kerja pembelajaran Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota dari KPU Provinsi Banten serta KPU Kota Tangerang Selatan. Rombongan hadir pada Pukul 13.00 WIB sejumlah 10 Orang.

Kunjungan kerja yang juga visitasi RPP ini disambut hangat oleh Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Kota Malang sekaligus memperkenalkan Komisioner KPU beserta beberapa pejabat Sekretariatan KPU Kota Malang. Hadir sebagai perwakilan dari KPU Provinsi Banten adalah Wahyul Furqon, Ketua KPU Kota Tangerang Selatan Bambang Dwitoro, Anggota KPU Kota Tangerang Selatan Divisi Hukum dan Pengawasan M. Taufiq, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Achmad Mudjahid Zein, Divisi Sosdiklih dan Parmas Ade Wahyu, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Ajat Sudrajat, Sekretaris KPU Kota Tangerang Selatan Fajar Baskaradi, serta para staf dari Subbag Program dan Data.

Latar belakang diadakannya kunjungan kerja ini adalah untuk mendapatkan bahan pembelajaran dari KPU Kota Malang dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan Bambang Dwitoro menyampaikan maksud tujuan kedatangan beserta rombongan adalah dalam rangka menimba pengalaman dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2018 baik dalam hal anggaran maupun permasalahan yang terjadi selama penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2018 yang pada pelaksanaannya bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Jatim 2018.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar mengatakan, “Kerjasama yang kompak bersama stakeholder terkait yang mampu diciptakan membuat pelaksanaan PILKADA maupun PILGUB berjalan baik dan lancar. Secara geografis maupun nomenklatur wilayah hampir sama seperti Kota Tangerang Selatan. Seperti hal nya permasalahan daerah Urban, KPU Kota Malang mengalami permasalahan klasik dalam setiap pemilu yaitu permalahan DPT dan pindah pilih. Menyinggung permasalahan partisipasi pemilih di Kota Malang masih tergolong rendah karena permasalahan kependudukan yaitu kepemilikan KTP El sebagai dasar pemilih untuk menyampaikan hak suara nya.”

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas juga menyampaikan, “Dalam hal sosialisasi KPU Kota Malang menyampaikan bahwa KPU mengandeng beberapa komunitas-komunitas kreatif yang ada di kota Malang. Memanfaatkan beberapa media digital sedikit banyak mempengaruhi lonjakan peningkatan jumlah pemilih dari periode ke periode kepemiluan.”


(ADMIN)