Beranda / Berita

LEPAS MAHASISWA/MAHASISWI MAGANG DAN PKL, KPU KOTA MALANG MENITIPKAN HARAPAN

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 19 February 2021


Pada Hari Jum’at 19 Februari 2021,KPU Kota Malang melepas mahasiswa dan mahasiswi praktek kerja magang (PKM) dan praktek kerja lapangan (PKL) Universitas Merdeka Malang dan Universitas Islam Malang Hari itu menjadi hari terakhir bagi beberapa mahasiswa dan mahasiswi PKM dan PKL Universitas Merdeka Malang dan Universitas Islam Malang. Sebelum benar-benar mengakhiri PKM dan PKL, para mahasiswa dan mahasiswi diberikan pembekalan dan arahan oleh Komisioner dan Sekretaris KPU Kota Malang.

Bertempat di Aula Kantor KPU Kota Malang, acara yang dimulai pada Pukul 13.00 WIB tersebut dibuka langsung oleh Komisioner KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar. Dalam pembukaannya, Deny memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang telah menjadikan KPU Kota Malang sebagai tujuan PKM dan PKL. Dia juga berharap agar para mahasiswa dan mahasiswi terus belajar dan tidak menyerah mengejar mimpi serta cita-cita. “Ketika PKM dan PKL para mahasiswa dan mahasiswi juga diberikan gambaran Pemilu dan Pemilihan, hal tersebut dapat menjadi bekal dan pengalaman kerja dimasa depan, selain itu berguna juga dalam proses internalisasi nilai-nilai kepemiluan agar dapat membawa perubahan dan perkembangan yang baik bagi lingkungan sekitar ketika kembali ke kampus dan kedaerah asalnya masing-masing,” jelas Deny.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas juga memberikan kutipan hikmah dari Greg S. Reid, mimpi yang ditulis disertai dengan waktu menjadi sebuah tujuan, tujuan yang diuraikan kepada langkah-langkah menjadi rencana, rencana yang disokong tindakan membuat mimpi menjadi nyata. “Jangan pernah berhenti mewujudkan mimpi dan cita-cita menjadi kenyataan, dengan bekal ilmu dan pengalaman yang didapat dari KPU Kota Malang baik saat melaksanakan tugas dan ketika mengikuti kelas pemilu, diharapkan generasi muda ini bisa menjadi agent of change demokrasi dan kepemiluan di masyarakat,” pungkas Aminah.

Aminah juga menambahkan, para mahasiswa dan mahasiwi yang PKM dan PKL di KPU Kota Malang dikenalkan dengan kegiatan KPU Kota Malang selama tidak dalam masa tahapan Pemilu dan Pemilihan. “Para mahasiswa dan mahasiswi PKM dan PKL diberikan ilmu, pengetahuan, dan pengalaman membantu tugas KPU Kota Malang untuk melaksanakan sosialisasi melalui media sosial dan website, membantu tugas pelayanan publik, serta publikasi Rumah Pintar Pemilu,” lanjut Aminah.

Sekretaris KPU Kota Malang Muhamad Sailendra juga mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya keberadaan mahasiswa dan mahasiswi PKL dan PKM ini, terutama dalam membantu pembuatan konten video dan media sosial. Latar belakang akademik yang sesuai, yakni program studi ilmu komunikasi konsentrasi broadcasting dan kehumasan menjadikan tugas pembuatan konten media sosial dan video menjadi lebih lancar. “Fitrahnya kelak adik-adik mahasiswa dan mahasiswi ini akan menjadi pemimpin dimasa depan, untuk membawa perubahan lebih baik lagi bagi demokrasi dan Pemilu,” tambah Sailendra.

Aryo Wibowo Prakoso, dosen pendamping mahasiswa dan mahasiswi PKM dari Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Merdeka Malang yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada KPU Kota Malang telah memfasilitasi para mahasiswa dan mahasiswi PKM serta PKL. “Setelah mendapatkan gambaran kerja di KPU Kota Malang, para mahasiswa perlu berjuang dan merencanakan cita-cita dan aksinya sebagai agen perubahan, kemudian dikomunikasikan dengan baik kepada lingkungan sekitar,” tutur pria lulusan Strata II Universitas Gajah Mada.

Rangkaian acara pelepasan juga diwarnai dengan penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan mahasiswa dan mahasiswi selama PKM dan PKL, serta penyerahan cenderamata dari Universitas Merdeka Malang kepada KPU Kota Malang. Acara tersebut ditutup pada Pukul 14.30 WIB.


(ADMIN)