Beranda / Berita

MAHASISWA ANTUSIAS IKUTI KELAS PEMILU KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 3 September 2020


MAHASISWA ANTUSIAS IKUTI KELAS PEMILU KPU KOTA MALANG

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar memberikan materi kepemiluan dengan tema Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kota Malang pada Kelas Pemilu yang diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi magang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang pada Hari Rabu Tanggal 2 September 2020 Pukul 11.30 WIB di Aula Kantor KPU Kota Malang.

Deny Rachmat Bachtiar pertama - tama memaparkan dasar hukum Pemilu serta lembaga yang berwenang menyelenggarakan Pemilu berdasarkan Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Kemudian dijelaskan tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 yang terdiri dari perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, penetapan peserta Pemilu, penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan, pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, masa Kampanye Pemilu, masa tenang, pemungutan dan penghitungan Suara, penetapan hasil Pemilu, kemudian pengucapan sumpah janji.

Selain kompleksitas dan padatnya tahapan pelaksanaan Pemilu dijabarkan juga materi pencalonan, dana kampanye, jumlah kursi dan dapil. Mahasiwa dan mahasiswi magang dari UMM dan UIN Maulana Malik Ibrahim nampak antusias mengikuti pemaparan materi yang diberikan Deny Rachmat Bachtiar. Mereka juga secara aktif memberikan pertanyaan - pertanyaan seputar dana kampanye, proses pemungutan suara, dan potensi permasalahan yang terjadi pada saat pemungutan suara.

Di akhir pemaparan materi, Deny Racmat Bachtiar menerangkan hasil Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang Tahun 2019, peta daerah pemilihan Pemilu 2019, dan hasil perolehan kursi partai politik peserta Pemilu 2019 di Kota Malang.

Deny Rachmat Bachtiar berharap kegiatan diskusi ini dapat menjadi sarana edukasi dan sosialisasi untuk mewujudkan pemilih cerdas dan demokrasi yang berkualitas, serta meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas, dalam seluruh event Pemilu yang dilaksanakan khususnya di Kota Malang.


(ADMIN)