Beranda / Berita

MENGADOPSI BUDAYA KERJA DARI FILOSOFI YUNANI DAN ULAMA DIAWAL TAHUN 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 6 January 2020


Malang - Senin 6 Januari 2020, KPU Kota Malang mengawali kegiatan di Tahun 2020 dengan melaksanakan Apel Pagi secara rutin pada Pukul 08.00 WIB di Halaman Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang.

Bertindak sebagai Pembina Apel Muhammad Toyib Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia. Dalam arahannya beliau menginspirasikan filosofi budaya Yunani yaitu ethos, pathos, dan logos kepada peserta apel yang dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris, Kasubbag, dan Staf KPU Kota Malang.

“Ethos dalam budaya kerja yang dimaksud disini adalah, hal ini menyangkut karakter, kualitas, dan kredibilitas seorang yang bekerja. Totalitas kepribadian dari seorang pekerja serta caranya mengekspresikan, memandang, melaksanakan tugas dengan baik. Etos kerja berhubungan dengan orientasi dan tujuan ke masa depan, yaitu setiap kegiatan direncanakan dengan baik, baik waktu, kondisi untuk ke depan agar lebih baik dari kemarin. Mengacu pada peraturan yang berlaku.” jelasnya.

Lanjut pria yang disapa Bang Toyib, “Sedangkan logos yang berati penalaran atau logika, yaitu kemampuan seseorang dalam bekerja menggunakan kecerdasannya untuk bertindak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kemudian Phatos, dalam bekerja kita juga harus dapat berempati. Mampu memahami dan mengerti tidak hanya tugas - tugasnya, namun tugas orang lain. Ikut turut berperan serta dalam menjalankan tugasnya.”

Selain itu, Bang Toyib juga mengutip pengetahuan dari Ulama Ibnu Athaillah Assakandary, “احالتك الاعمال بعد الفراغ من رعونة النفس (ihaalatukal a'maal ba'dal farooghi min ru'uunatin nafsi), yang artinya menunda amal/perkerjaan karena menunggu waktu luang termasuk tanda kebodohan. Dalam bekerja kita tidak boleh menunda pekerjaan. Harus dapat dilaksanakan tepat waktu.” Pungkasnya.


(ADMIN)