Beranda / Berita

MENGENAL LEBIH DEKAT COVID – 19

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 22 May 2020


MENGENAL LEBIH DEKAT COVID – 19

Dikutip dari Materi PSBB Kota Malang, Coronavirus atau virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Sampai saat ini terdapat tujuh coronavirus (HCoVs) yang telah diidentifikasi, yaitu :

  1. HCoV-229E.
  2. HCoV-OC43.
  3. HCoV-NL63.
  4. HCoV-HKU1.
  5. SARS-COV (yang menyebabkan sindrom pernapasan akut).
  6. MERS-COV (sindrom pernapasan Timur Tengah).
  7. COVID-19 atau dikenal juga dengan Novel Coronavirus (menyebabkan wabah pneumonia di kota Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019, dan menyebar ke negara lainnya mulai Januari 2020.
    Indonesia sendiri mengumumkan adanya kasus covid 19 dari Maret 2020. Corona Virus Disease 2019 yang selanjutnya disebut COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome-Corona Virus-2 berdasarkan Peraturan Walikota Malang Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.
    Penularan Virus COVID – 19 melalui percikan air liur pengidap (bantuk dan bersin), menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi, menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona, serta melalui Tinja atau feses walaupun jarang terjadi.

Berdasarkan Pasal 5 Ayat (4) Peraturan Walikota Malang Nomor 17 Tahun 2020 di masa pemberlakuan PSBB setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dan penanganan dengan cara melakukan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau pembersih tangan (hand sanitizer) dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS), menggunakan masker dan menjaga jarak (physical distancing) paling sedikit dalam rentang 1 (satu) meter pada saat di luar rumah, menghindari kerumunan pada saat di luar rumah, dan/atau melakukan isolasi mandiri baik di rumah dan/atau ruang isolasi sesuai protokol kesehatan bagi :
a. Orang Tanpa Gejala (OTG);
b. Orang Dalam Pemantauan (ODP); atau
c. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan gejala ringan.

Informasi ini disampaikan sebagai bentuk upaya sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID – 19.


(ADMIN)