Beranda / Berita

MONITORING DAN EVALUASI PROGRESS REPORT PENGHAPUSAN SURAT SUARA PEMILU TAHUN 2019 OLEH KPU RI

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 3 December 2019


Malang – Senin, 2 Desember 2019 Mela Indria Kepala Bagian Tata Usaha pada Biro Umum KPU RI beserta dengan staf melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penghapusan Surat Suara. Rombongan tiba di Kota Malang pada Pukul 13.00 langsung menuju Gudang Penyimpanan Logistik yang disewa oleh KPU Kota Malang yang terletak di Jalan Ciujung Nomor 1 Malang.

Monitoring dan evaluasi Kabag TU pada Biro Umum KPU RI ini disambut dengan hangat oleh Kepala Subbag Hukum Antung Amiludinsyah dan Kepala Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik Kamilia Cahyani. Sebagaimana diketahui KPU Kota Malang saat ini sedang melakukan pengosongan kotak suara serta pemilahan arsip untuk diajukan penghapusan. Antung Amiludinsyah menjelaskan bahwa, “Progress report pengosongan kotak suara Pemilu Tahun 2019 serta pemilahan arsip di Gudang KPU Kota Malang telah mencapai 50 % atau lebih dari 2 Kecamatan dari keseluruhan 5 Kecamatan yang ada di Kota Malang. Kegiatan ini akan diprediksikan akan berlangsung sampai akhir Desember 2019. Setelah itu dapat diajukan penghapusan.”

Mela Indria mengapresiasi pelaksanaan pengosongan kotak suara yang telah dilakukan KPU Kota Malang berjalan dengan lancar. Kepada KPU Kota Malang beliau berpesan, “Dalam melakukan penimbangan surat suara dilakukan dengan tepat, cermat, dan teliti untuk menghindari kegagalan dalam proses penghapusan (pelelangan) surat suara eks- Pemilu.” Beliau juga memahami bahwa dalam pelaksanaan pengosongan kotak suara serta pemilahan arsip pemilu diperlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Untuk itu diperlukan ketelitian dan kecermatan.

Setelah mengunjungi Gudang KPU Kota Malang, Mela Indria beserta staf bertolak ke Kantor KPU Kota Malang untuk bertemu dengan Komisioner Kota Malang dalam rangka membahas hasil monitoring serta melakukan evaluasi pelaksanaan penghapusan Surat Suara di KPU Kota Malang yang saat ini dalam tahap pengosongan kotak suara dan pemilahan arsip Eks- Pemilu Tahun 2019.


(ADMIN)