Beranda / Berita

PEDOMAN PENYUSUNAN KEPUTUSAN DI LINGKUNGAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 5 February 2020


MALANG - Komisi Pemilihan Umum Kota Malang kembali menggelar kajian kepemiluan setiap satu minggu sekali. Pada kesempatan Hari Rabu Tanggal 5 Februari 2020 kajian kepemiluan yang diadakan mengangkat tema pedoman penyusunan keputusan di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kota Malang.
Kajian pedoman keputusan di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kota Malang tersebut dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB di Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang. Bertindak sebagai Pemateri pedoman penyusunan keputusan adalah Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Izzudin Fuad Fathoy.
Dalam pemaparannya beliau menerangkan, “Dasar hukum pedoman penyusunan keputusan di Lingkungan KPU Kota Malang adalah Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1442/HK.03-Kpt/03/KPU/XI/2019 tentang Pedoman Penyusunan Keputusan Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum.”
“Keputusan KPU Kota Malang adalah Naskah Dinas yang memuat kebijakan yang bersifat menetapkan. Materi muatan keputusan dapat berisi pelaksanaan dari Peraturan KPU, Keputusan KPU, dan peraturan perundang – undangan lainnya, serta mengikat KPU Kota Malang, Sekretariat Kota Malang, dan pihak lain yang diatur dalam keputusan tersebut. Jenis Keputusan terdiri atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Malang serta Keputusan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Malang.” Pungkas Izzudin.
Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa, “Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Malang dan Keputusan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Malang merupakan produk hukum yang disusun atau dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, yang mengikat bagi Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, dan pihak lain yang diatur dalam keputusan tersebut.”
Selain itu Pria yang gemar membaca ini juga memaparkan alur penyusunan keputusan. “Untuk Keputusan KPU Kota Malang dimulai dari tahap; 1. Pengusulan rancangan Keputusan oleh unit kerja pengusul, 2. Legal drafting oleh unit kerja penyusun, 3. Pencermatan, 4. Pengajuan dan pembahasan rancangan keputusan pada Rapat Pleno, 5. Pengajuan rancangan akhir keputusan, 6. Penetapan, 7. Pengarsipan dan Publikasi.”
“Sedangkan untuk Keputusan Sekretaris KPU Kota Malang alur penyusunannya terdiri dari ; 1. 1. Pengusulan rancangan Keputusan oleh unit kerja pengusul, 2. Legal drafting oleh unit kerja penyusun, 3. Pencermatan, 4. Pengajuan dan pembahasan rancangan keputusan pada rapat koordinasi dan pembahasan, 5. Pengajuan rancangan akhir keputusan, 6. Penetapan, 7. Pengarsipan dan Publikasi.” imbuhnya.
Kajian tentang pedoman penyusunan keputusan di Lingkungan KPU Kota Malang ini bermanfaat agar produk hukum KPU Kota Malang berupa Keputusan KPU maupun Keputusan Sekretaris KPU Kota Malang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan yang berlaku. Serta mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya yang ditemui dalam proses penyusunan. Hal tersebut dikarenakan kajian yang diselenggarakan KPU Kota Malang ini juga sebagai sarana sharring ilmu dan pengetahuan antar pegawai. Dengan mengetahui pedoman yang berlaku diharapkan pegawai KPU Kota Malang dapat bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.


(ADMIN)