Beranda / Berita

PEMBUKAAN KOTAK SUARA DI KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 9 July 2019


Menindaklanjuti Surat KPU RI Nomor 942/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2019, terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, serta dalam rangka Persiapan Penyusunan Alat Bukti PHPU Pemilu Anggota DPR berdasarkan Surat KPU RI Nomor : 986/PL.01.9-SD/03/KPU/VI/2019, KPU Kota Malang menggelar kegiatan Pembukaan Kota Suara pada Hari Jum’at, Tanggal 5 Juli Tahun 2019 Pukul 14.00 WIB di Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan dokumen berupa Formulir Model A.DPK-KPU, DA-KPU, DA1-DPR, DAA1-DPR, DA2-KPU, DA.TT-KPU, dan DA.DH-KPU.
Formulir Model A.DPK-KPU adalah Daftar Pemilih Khusus Pemilihan Umum Tahun 2019. Berdasarkan Pasal 39 Ayat (5) Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih Di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Formulir Model A.DPK-KPU merupakan formulir yang digunakan untuk menyusun Daftar Pemilih Khusus. Sedangkan Formulir Model DA-KPU, DA1-DPR, DAA1-DPR, DA2-KPU, DA.TT-KPU, dan DA.DH-KPU merupakan Formulir yang digunakan dalam Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara di tingkat Kelurahan dan Kecamatan sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum.
Data di dalam Formulir Model A.DPK-KPU nantinya akan diinput kedalam Sidalih KPU. Selama proses penginputan Daftar Pemilih Khusus (DPK) kedalam Sidalih akan dilakukan pengecekan dan supervisi oleh KPU Provinsi Jawa Timur.
Sedangkan untuk Formulir Model DA-KPU, DA1-DPR, DAA1-DPR, DA2-KPU, DA.TT-KPU, dan DA.DH-KPU akan digandakan dan dileges sebagaimana permintaan dari KPU dan Mahkamah Konstitusi.
Proses pembukaan kotak berlangsung hingga pukul 17.30 WIB yang dihadiri dan disaksikan oleh Bawaslu Kota Malang, Polres Kota Malang, dan Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu di Tingkat Kota Malang.


(ADMIN)