Beranda / Berita

Pemeriksaan Laporan Keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 20 February 2020


Surabaya - Hari ini Rabu Tanggal 19 Februari 2020 Pukul 10.00 WIB KPU Kota Malang menghadiri acara Pemeriksaann Atas Laporan Keuangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tahun 2019 di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.
Hadir dalam acara tersebut adalah Sekretaris Muhamad Sailendra, Bendahara Diana Agustina Imbarwati, Operator SAIBA Yoga Trianto, Operator SIMAK BMN Jujuk Winarko, dan Pengelola Keuangan lainnya.
Pemeriksaan atas Laporan Keuangan tersebut dilaksanakan oleh Auditor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) kepada seluruh Satker KPU Provinsi dan KPU Kabupaten / Kota Se- Jawa Timur.
Tujuan pemeriksaan atas laporan keuangan Tahun 2019 tersebut adalah untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan yang disajikan oleh KPU. Opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan didasarkan pada empat kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.
Terdapat 4 (empat) jenis opini yang diberikan Pemeriksa, yaitu opini wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion), opini wajar dengan pengecualian (qualified opinion), opini tidak wajar (adversed opinion), pernyataan menolak memberikan opini (disclaimer of opinion).


(ADMIN)