Beranda / Berita

Pemilih Belum Ber-KTP Elektronik Masuk DPTHP-2 Kota Malang

Ditulis Oleh: Putri Tanggal: 24 November 2018


BANTARAN – Pemilih Non KTP Elektronik masuk dalam DPTHP-2 Kota Malang. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat KPU RI nomor 1479/PL.02.1-SD/01/KPU/XII/2018 tanggal 1 Desember 2018 perihal Penyelesaian Penyempurnaan DPTHP-2.

Anggota KPU Kota Malang Divisi Perencanaan Data dan Informasi Deny R Bachtiar menyebutkan, terdapat 153 pemilih non KTP elektronik yang tercatat dalam formulir model AC-KPU Kota Malang. Dari jumlah tersebut sebanyak 25 data pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) “Ada 128 pemilih yang kami masukan dalam DPTHP-2. Karena setelah dipadankan dengan DP4 serta verifikasi faktual mereka memenuhi syarat,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi dan Pencermatan DPTHP-2 bersama Bawaslu Kota Malang dan Peserta Pemilu 2019 di kantor KPU Kota Malang pada Sabtu (24/11) lalu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Malang Alim Mustofa mengatakan pihaknya juga menyampaikan rekomendasi agar KPU Kota Malang memasukan data pemilih non KTP elektronik kedalam DPTHP-2. Hal ini dilakukan untuk melindungi hak pilih setiap warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih. “Kami berupaya mengingatkan. Meskipun sebenarnya KPU Kota Malang sudah memasukan data pemilih non KTP el tersebut kedalam DPTHP-2,” kata Alim.

Selain pemilih yang belum ber KTP elektronik, pembahasan rapat koordinasi juga terkait dengan Penyempurnaan DPTHP-2 secara umum. Termasuk pembersihan data ganda dan invalid, deteksi pemilih penyandang disabilitas dan juga regrouping TPS untuk memudahkan pemilih.


(Putri)