Beranda / Berita

Pendidikan Pemilih kepada Mahasiswa yang Menjalankan Praktek Kerja Lapangan

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 27 February 2020


Kota Malang sudah sejak dahulu dikenal sebagai kota pendidikan. Salah satu indikatornya adalah banyaknya siswa dan mahasiswa dari luar kota atau luar daerah yang menempuh pendidikan di Kota Malang. Dengan jumlah perguruan tinggi kurang lebih sebanyak 60 lembaga dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kurang lebih sebanyak 200.000 mahasiswa, hal ini berimbas pada kebutuhan tempat atau institusi untuk menerima mereka pada saat mereka membutuhkan tempat penelitian atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)/magang.
Sering dan bahkan mungkin hampir setiap bulan, ada beberapa mahasiswa yang berkunjung ke KPU Kota Malang untuk mengajukan permohonan data untuk riset dan juga untuk magang/Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Saat ini, terdapat 2 (dua) mahasiswa dari Jurusan Administrasi Publik FISIP Universitas Merdeka (Unmer) yang melaksanakan PKL di KPU Kota Malang, yaitu Sdr. Patrisius Eduardus Kurniawan Jenila atau yang akrab dipanggil Arsi dan Sdr. Deby Novandri atau yang akrab dipanggil Deby. Tak terasa sudah hampir sebulan mereka melaksanakan PKL. Ada beberapa kegiatan yang mereka lakukan selama PKL di KPU Kota Malang. “ Selama PKL di sini, saya melakukan input data untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan juga mengikuti kegiatan KPU Kota Malang seperti forum kajian dan sebagainya” ujar Sdr. Arsi ditambahkannya juga bahwa “Saya juga mempelajari peraturan-peraturan tentang kepemiluan dan demokrasi”. Sedangkan menurut Sdr. Deby selama PKL di KPU Kota Malang “Saya mendapatkan penjelasan dan informasi terkait dengan tugas dan fungsi lembaga KPU selama ini, yang sebelumnya hanya mendapatkan ilmu atau teori di perkuliahan” ujarnya.
Perlu diketahui bahwa permohonan mahasiswa untuk magang di KPU Kota Malang cukup banyak. Apalagi pada saat tahapan Pemilu atau Pemilihan Kepala Daerah. Mereka selama magang dibimbing dan diarahkan oleh komisoner dan pejabat struktural kesekretariatan. Setiap kali penerimaan mahasiswa magang pada saat tahapan tersebut, bisa mencapai 15 sampai dengan 20 orang. “Mereka sangat membantu pelaksanaan pemilu dan pemilihan pada saat itu, karena tahapan kegiatan yang cukup padat dan membutuhkan personil yang cukup banyak untuk kelancaran kegiatan” demikian penjelasan dari Sekretaris KPU Kota Malang, Muhamad Sailendra, ST., MM.
Dengan banyaknya minat mahasiswa yang ingin magang di KPU Kota Malang, secara kelembagaan, KPU Kota Malang tentunya juga akan terus meningkatkan sisi pelayananan publik maupun manajemen serta SDM, agar dapat optimal berkontribusi kepada masyarakat pada umumnya dan kepada mahasiswa serta siswa pada khususnya yang akan menimba ilmu kepemiluan serta praktek kerja lapangan.


(ADMIN)