Beranda / Berita

PENGALIHAN STATUS JABATAN ADMINISTRASI APARATUR SIPIL NEGARA MENUJU JABATAN FUNGSIONAL

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 20 November 2020


Dalam Webinar Nasional dengan Tema Pembahasan : Transformasi Jabatan Struktural Ke Jabatan Fungsional yang diselenggarakan KPU Kota Jakarta Utara Pada Hari Kamis Tanggal 19 November 2020 Pukul 10.00 WIB, salah satu narasumber Lucky Firnandi Majanto Kepala Biro SDM Sekretariat Jenderal KPU RI memaparkan materi mekanisme pengalihan Jabatan Administrasi Aparatur Sipil Negara ke Jabatan Fungsional.

Beberapa hal yang dilakukan dalam pengalihan Jabatan Administrasi menuju Jabatan Fungsional, yaitu pemetaan jabatan administrasi yang dapat dialihkan dan kriteria jabatan administrasi yang tidak dapat dialihkan, pemetaan jenis jabatan fungsional yang dapat diduduki, serta pemetaan kesejahteraan jabatan administrasi dan jabatan fungsional. Pengalihan jabatan administrasi ke jabatan fungsional memperhatikan kebutuhan organisasi, kualifikasi dan kompetensi individu, batas usia pensiun, serta moralitas dan integritas.

Sebanyak 13 formasi jabatan fungsional di lingkungan KPU, yaitu analis anggaran, analis hukum, analis kepegawaian, analis kebijakan, analis pengelola keuangan APBN, arsiparis, penata kelola pemilu, pengelola pengadaan barang dan jasa, penyuluh hukum, perancang peraturan perundang - undangan, perencana, pranata humas, dan pranata komputer.

Tindak lanjut setelah pengangkatan dan pelantikan, yaitu dilakukan penataan organisasi dan pola kerja, penataan formasi dan peta jabatan, pembinaan dan pengembangan kompetensi serta pola karir jabatan fungsional, monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pejabat yang disetarakan, penyampaian laporan dan dokumen Surat Keputusan pengangkatan dalam Jabatan Fungsional yang disetarakan kepada Kemenpan RB, Insatansi Pembina jabatan fungsional, dan BKN.

Setelah itu menyampaikan rekomendasi Pejabat yang berwenang terkait data pejabat Administrator (Eselon III) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) yang Batas Usia Pensiun kurang dari 1 (satu) tahun kepada Kementenpan RB dan BKN.Pengalihan jabatan administrasi menuju jabatan fungsional merupakan bentuk penyederhanaan birokrasi dan pengalihan jabatan administrasi menuju jabatan fungsional. Melalui penyetaraan jabatan administrasi menuju jabatan fungsional, perpindahan jabatan administrasi menuju jabatan fungsional, inpassing jabatan administrasi ke jabatan fungsional.


(ADMIN)