Beranda / Berita

PENILAIAN KINERJA DAN PENYUSUNAN SKP DI LINGKUNGAN KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 1 January 2021


Pada setiap awal tahun, KPU Kota Malang melakukan Penilaian Kinerja PNS yang merupakan salah satu bagian dari manajemen PNS, yaitu pengelolaan PNS untuk menghasilkan Pegawai yang profesional, memiliki dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Penilaian Kinerja PNS lebih lanjut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Penilaian Kinerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier. Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS.

Dalam PP 30 Tahun 2019 Penilaian Kinerja PNS dilakukan berdasarkan prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Selain melakukan penilaian kinerja sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja, berawal dari penyusunan perencanaan kinerja yang dilakukan pada setiap awal tahun oleh PNS KPU Kota Malang.

Sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 angka 3 PP 30 Tahun 2019 SKP adalah rencana kinerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS yang harus dicapai setiap tahun. Pelaksanaan pengukuran SKP dilakukan dengan cara membandingkan antara realisasi kinerja dengan target yang telah ditetapkan. Kemudian dilakukan penilaian kinerja yang merupakan gabunga antara penilaian SKP dan penilaian perilaku kerja dengan menggunakan data hasil pengukuran kinerja.

Dalam melakukan penilaian dilakukan analisis terhadap hambatan pelaksanaan pekerjaan untuk mendapatkan umpan balik serta menyusun rekomendasi perbaikan dan menetapkan hasil penilaian.


(ADMIN)