Beranda / Berita

Penyampaian Materi I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dengan Judul : “Sosialisasi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bakohumas

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 15 September 2021


Pada hari Rabu (15/09/2021) KPU Kota Malang berkesempatan untuk menghadiri webinar “Sosialisasi Juknis Bakohumas KPU, KPU Provinsi, KPU Kab/Kota” yang diselenggarakan secara virtual oleh KPU RI melalui zoom dan dibuka untuk umum di kanal youtube KPU RI pada pukul 13.00 WIB. Webinar ini dipandu oleh moderator Robby Leo Agust, kemudian diikuti oleh I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas selaku narasumber. Terdapat juga dua narasumber lainnya seperti Ilham Saputra, Ketua KPU RI dan Anisha Dasuki, Publik Speaker/Jurnalis.

Dalam sesi pemaparan pemateri, Kade Wiarsa menjadi narasumber pertama dengan tema “Sosialisasi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bakohumas”. Kade Wiarsa megatakan bahwa Bakohumas adalah agenda yang sangat penting bagi KPU. Ia menjelaskan seputar Bakohumas, seperti apa itu Bakohumas dan dasar hukumnya, latar belakang pembentukan Bakohumas KPU, tujuan Juknis Bakohumas, ruang lingkupnya, tugas dan tanggung jawab, susunan pengurus, strategi, SDM Bakohumas, sampai stakeholder/pemangku kepentingan Bakohumas KPU.

Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) itu sendiri adalah lembaga nonsturktural yang merupakan forum koordinasi dan kerjasama antar unit kerja bidang humas kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, lembaga penyiaran publik, lembaga negara nonstruktural, Pemerintah Daerah provinsi dan kabupaten/kota, perguruan tinggi negeri, dan BUMN maupun BUMD.

Lebih lanjut lagi, Kade Wiarsa juga menjelaskan juga tentang kode etik anggota Bakohumas karena komitmen anggota sangat dijunjung tinggi agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan anggota Bakohumas yang didalamnya terdapat peringatan, teguran tertulis atau sanksi terkait pelanggaran yang dilakukan sesuai peraturan perundangan.

Dalam akhir sesi pemaparannya Kade Wiarsa menyampaikan bahwa kehadiran Bakohumas KPU diharapan dapat membangun kesiapan dan koordinasi antar Bakohumas secara berjenjang di Internal KPU dan juga stakeholder lainnya terkait kepemiluan menjadi lebih aktif. Untuk penutup, ia menyebutkan keinginannya agar Bakohumas dan KPU saling membantu satu sama lain dalam menghadapi pemilu dan pemilihan serentak 2024 khususnya tantangan dalam melawan disinformasi serta hoaks kepemiluan dan kelembagaan yang masif penyebarannya. Karena menurutnya kesuksesan pemilu dan tingginya partisipasi masyarakat dipengaruh dari arus informasi positif, lengkap dan transparan yang dirilis ke publik untuk diketahui.


(ADMIN)