Beranda / Berita

PENYAMPAIAN MATERI “TANTANGAN BAKOHUMAS KPU RI DALAM MELAWAN DISINFORMASI TERKAIT KEPEMILUAN” DALAM RAKOR BAKOHUMAS

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 12 May 2021


Anggota KPU Republik Indonesia I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi selaku Ketua Ketua Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat menyampaikan materi “Tantangan Bakohumas KPU RI Dalam Melawan Disinformasi Terkait Kepemiluan” pada Rapat Koordinasi Bakohumas yang diselenggarakan KPU Republik Indonesia pada Selasa, Tanggal 4 Mei 2021 secara daring.

Dalam rakor yang diikuti oleh Komisioner KPU Provinsi/Kabupaten/Kota, Koordinator KPU Provinsi/Kabupaten/Kota, dan Sub Koordinator KPU Provinsi/Kabupaten/Kota yang membidangi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih tersebut, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyampaikan, sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan, salah satu tugas dan kewajiban KPU selaku penyelenggara pemilu adalah wajib melakukan penyampaian informasi dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan kepada masyarakat.

Hal tersebut menjadikan peran dari Bakohumas menjadi sangat penting sebagai wadah penyampaian informasi. Sebagaimana diatur secara teknis dalam Keputusan KPU Nomor 172 Tahun 2021 tentang Badan Koordinasi Kehumasan Komisi Pemilihan Umum (Bakohumas).

“Tugas Bakohumas yaitu, melakukan koordinasi antara Komisi Pemilihan Umum dengan Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota untuk kelancaran arus informasi antara satuan kerja; melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Badan Koordinasi Kehumasan pada instansi/lembaga pemerintah tingkat pusat dan daerah; merencanakan dan melaksanakan kegiatan kehumasan; menghimpun, mengelola, dan menyalurkan data/informasi kehumasan yang diperlukan; dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kehumasan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum, “ terang I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi juga menerangkan tujuan dari pembentukan Bakohumas diantaranya, pertama terciptanya SDM Kehumasan di KPU yang berkualitas, komunikatif, aspiratif, profesional dan kompeten. Kedua terciptanya hubungan kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan terkait dalam penyampaian informasi kepemiluan secara berjenjang dan berkelanjutan. Ketiga tersosialiasasikannya kebijakan dan program KPU kepada internal (KPU Provinsi & KPU Kabupaten/Kota) dan eksternal (publik). Keempat membangun opini publik yang positif terkait informasi kepemiluan dan menyebarluaskannya secara masif. “Kelima meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi kepemiluan dan meningkatkan citra Lembaga serta kepercayaan publik pada KPU, serta keenam menyediakan data dan pelayanan informasi publik terkait kepemiluan yang terdepan dan terupdate bagi masyarakat,” papar I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Bakohumas KPU dalam menghadapi tantangan disinformasi kepemiluan mencanangkan beberapa strategi diantaranya memberikan pelatihan bagi SDM bagi admin media sosial di KPU Provinsi/Kabupaten/Kota, melakukan kerjasama antar lembaga, melakukan inovasi dalam pelayanan PPID, melakukan sinergi dalam menyiapkan konten, dan melakukan kerjasama dengan media lokal. “Selain itu melakukan kerjasama dengan platform media sosial dan melakukan kerjasama dengan influencer daerah,” pungkas I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.


(ADMIN)